Siapkan Diri Hadapi ANBK, Siswa MTs Ath-Thahiriyah Lakukan Gladi

Banjarnegara – Pemerintah berupaya menumbuhkan kompetensi pendidikan di tengah pandemi covid 19. Upaya pemerintah ini direalisasikan dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Alasan pemerintah menyelenggarakan ANBK ini adalah sebagai upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

ANBK yang sarat dengan kemajuan dunia pendidikan dan digadang sebagai pengganti Ujian Nasional diikuti oleh seluruh jenjang pendidikan baik negeri ataupun swasta. Salah satunya MTs Ath-Thahiriyah Pucungbedug, madrasah yang ada di selatan Banjarnegara ini pada Kamis hingga Jumat (17/9/21) mengadakan gladi ANBK.

“Kegiatan yang diikuti 45 siswa yang terbagi dalam 3 sesi ini bertujuan memantapkan mental dan mengasah kepiawaian siswa peserta ANBK menggunakan komputer, sehingga pada pelaksanaan ANBK tanggal 4 hingga 7 Oktober 2021 berjalan sesuai harapan madrasah,” ungkap Amaliah, Selaku proktor masdrasah.

“Gladi ANBK tak lain untuk mempersiapkan kompetensi siswa dalam penguatan materi sekaligus uji kemahiran pemakaian komputer,” imbuhnya.

Lain dari pada itu, MTs Ath-Thahiriyah telah berupaya maksimal dalam mempersiapkan ANBK. Hal ini terbukti dengan adanya sarana prasarana ruang komputer yang memadai. Ruangan yang berisi 26 unit komputer telah didesain sedemikian rupa guna menunjang keberhasilan ANBK. Karena perpaduan kesiapan siswa, guru dan sarana prasarana merupakan sarat mutlak keberhasilan ANBK. Sobahul Mundji, kepala MTs Ath-Thahiriyah mengaku telah mempersiapkan ANBK dengan matang serta telah mengecek semua fasilitas Lab. Komputer termasuk jaringan internet dengan maksimal,

“Upaya pemenuhan standar ANBK yang baik telah dilalui, harapan saya selalu optimis pada keberhasilan Asasmen Nasional ini,” ungkapnya.

Dengan adanya gladi ANBK diharapkan pelaksanaan Assasmen Nasional Berbasis Komputer dapat berjalan dengan lancar sehingga mampu memperoleh hasil memuaskan. 45 Siswa kls VIII peserta ANBK diharap mampu mengoperasionalkan komputer dengan baik dan mendalami materi pembelajaran. Oleh karenanya madrasah mewajibkan setiap siswa peserta ANBK untuk ikut gladi selama 2 hari berturut.

Fardan Akbar Maulana, peserta ANBK besar peserta gladi mengaku senang dengan gladi ini. “Gladi ANBK selain menambah wawasan, juga mengobati rasa kangen bersekolah yang beberapa saat ini terkendala covid- 19,” pungkasnya di sela kegiatan gladi. (Ast/ak)