Sukseskan Program Tahfidz, Mascot Gelar Uji Kompetensi Bacaan dan Hafalan Qur’an

Banjarnegara –  Di pagi yang indah didukung suasana cerah, para santri MTs. Cokroaminoto Tanjungtirta (Mascot), Usai tunaikan sholat Sunnah Taubat, hajat dan duha, mereka langsung berbaur dengan kelompoknya, untuk melaksanakan uji kompetensi bacaan dan hafalan Qur’an guna maping kemampuan membaca dan menghafal Qur’an siswa.

Uji kompetensi bacaan dan hafalan Qur’an yang diselenggarakan pada hari Jumat (16/09/2022) ini, diikuti oleh seluruh siswa Mascot yang terbagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan kelasnya masing-masing dan dilaksanakan dengan penuh kekeluargaan dihalaman madrasah dengan beralaskan tikar. Masing-masing kelompok dibimbing oleh 1 (satu) orang guru yang bertugas mencatat kemampuan bacaan dan hafalan individu untuk selanjutnya hasil catatan tersebut akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menentukan tindakan selanjutnya.

Wakil kepala bidang akademik Rofingatun Widiyanti mengatakan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam membaca dan menghafal Qur’an. Hasil pantauan ini nantinya akan dijadikan sebagai maping dan evaluasi untuk menentukan tindakan apa yang kami lakukan selanjutnya, sehingga program tahfidz Quran akan tercapai sesuai dengan rencana.

‘Kegiatan ini kita adakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam membaca dan menghafal Qur’an, dan hasil pantauan ini nantinya akan kita jadikan sebagai bahan maping dan evaluasi untuk menentukan tindakan apa yang kami lakukan selanjutnya, sehingga program tahfidz Quran akan tercapai sesuai dengan rencana.” Jelas Yanti.

Guru Qur’an Hadits Warsito menyatakan dukungannya terhadap kegiatan tersebut. Ia mengatakan bahwa dengan terselenggaranya kegiatan uji kompetensi bacaan dan hafalan Qur’an ini akan sangat membantu keberhasilan pembelajaran mata pelajaran Qur’an Hadits.

“saya menyambut baik dan siap mendukung kegiatan ini, karena menurut pendapat saya hal tersebut akan sangat membantu suksesnya pembelajaran mata pelajaran Qur’an Hadits.” Terang Sito.

Tahfidz Qur’an merupakan salah satu program madrasah yang dicanangkan oleh Mascot untuk membentuk generasi Qurani sekaligus mewujudkan visi madrasah yakni membentuk siswa yang beriman, berilmu dan berjiwa mandiri. Hal tersebut sebagaimana yang diungkapkan oleh kepala madrasah Leken Setyadi bahwa tahfidz Qur’an merupakan wujud iman kepada Allah SWT sehingga program ini harus berhasil dengan melakukan berbagai upaya strategis yang dapat mendorong keberhasilan.

“Tahfidz Qur’an merupakan salah satu program madrasah yang dicanangkan oleh Mascot untuk membentuk generasi Qurani sekaligus mewujudkan visi madrasah yakni membentuk siswa yang beriman, berilmu dan berjiwa mandiri. Tahfidz Qur’an merupakan salah satu wujud iman kepada Allah SWT sehingga program ini harus berhasil dengan melakukan berbagai upaya strategis yang dapat mendorong keberhasilan.” Jelas Leken.

Berdasarkan hasil catatan beberapa guru hampir 70 persen anak-anak Mascot mampu membaca Qur’an dengan baik dan benar.  Tentu saja hal itu tidak terlepas dari kerja keras seluruh guru dan siswa yang terus menerus membangun kebersamaan untuk mewujudkan cita-cita bersama. (rw).

Bagikan :
Translate »