Tahun Kedua Pandemi Covid-19, MTs Muhammadiyah Karangkobar Gelar PAT Berbasis Gadget

Banjarnegara – Rabu (2/6) MTs Muhammadiyah Karangkobar mengadakan PAT (Penilaian Akhir Tahun) berbasis gadget. Tentunya dengan benar-benar menerapkan dan mengedepankan protokol kesehatan. PAT Kelas 7 dan kelas 8  Tahun Pelajaran 2020/2021, dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu dengan menggunakan smartphone. Sesuai dengan jadwal yang diedarkan KKM MTs Kota Banjarnegara bahwa pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun Kelas 7 dan Kelas 8 Tahun Pelajaran 2020/2021 dilaksanakan pada tanggal 02 Juni 2021 sampai dengan tanggal 10 Juni 2021.

Ketua panitia PAT Maria Ulfah,S.pd menuturkan PAT berbasis gadget atau merupakan pengalaman tahun kedua bagi para siswa-siswi kami di tengah pandemi virus Corona.

“Jika biasanya para siswa mengerjakan ulangan berbasis KP atau kertas dan pulpen, kali ini mereka mengerjakan ulangan dengan BK atau berbasis Komputer/laptop atau smartphone,” ungkapnya

“Segala kelebihan dan kekurangan yang ditemui dalam pelaksanaan PAT berbasis gadget ini akan terus dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan layanan pembelajaran ke depannya.” tambahnya

Dalam PAT ini, para siswa diminta mengerjakan soal PAT yang telah dikonversikan ke dalam Google Forms yang dishare didalam grup kelas. Adapun untuk proses pengerjaannya, siswa dapat memakai smartphone, komputer diruang laboratorium komputer jika memang tidak memiliki smartphone. Siswa dinyatakan selesai mengerjakan soal, jika sudah mengirimkan jawaban via Google Form.

Jika melihat kondisi dan situasi terkini, ulangan semacam ini tampaknya akan lebih sering dilakukan di waktu-waktu mendatang. Karena lebih efisien dan efektif.  (Li/ak)