Tim EDM dan e-RKAM MA AL Irsyad Gunungjati Kebut Siapkan Visitasi

Banjarnegara – MA Al Irsyad Gunungjati adalah salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara untuk menerapkan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM).

Menjelang visitasi yang akan dilaksanakan di madrasah tanggal 20 April 2021, tim EDM dam e-RKAM melakukan Uploud file yang diperlukan, Kamis (15/4).

Adapun tim inti MA Al Irsyad terdiri dari Kepala Madrasah, Fithria Rohayati, Arif selaku bendahara, dan Suratman sebagai Staf Tata Usaha (Staf TU).

Kepala Madrasah, Fithria Rohayati, mengatakan bahwa penyusunan EDM ini dilakukan rutin setiap tahun tetapi penyusunan EDM dan RKAM tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “Sekarang sistem laporannya dilakukan secara online,” ungkap Fithria

“Dalam EDM ini dilakukan pengukuran terhadap 5 (lima) aspek budaya di madrasah yang setiap indikatornya mencerminkan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP),” imbuhnya.

Kelima aspek ini antara lain kedisiplinan warga madrasah, pengembangan diri guru dan tenaga kependidikan, penyiapan, pelaksanaan dan penilaian atas proses pembelajaran, penyediaan sarana belajar untuk guru dan siswa, serta pengelolaan anggaran yang berorientasi pada peningkatan mutu.

Dalam penyusunan EDM dan e-RKAM, seluruh tim bekerja keras dalam pengumpulan data, informasi, dan bukti fisik. Kemudian tim madrasah dibantu operator madrasah mengisi instrumen yang tersedia secara online berdasarkan data, informasi, dan bukti fisik yang dikumpulkan. (inf/ak)