Uji Coba KSM Tingkat Jawa Tengah, MTs N 2 Banjarnegara menjadi Tuan Rumah

Banjarnegara – Simulasi Kompetensi Sains Madrasah (KSM) digelar kemarin Sabtu. (18/9). MTs N 2 Banjarnegara ditunjuk sebagai tuan rumah dalam simulasi. Peserta yang mengikuti kegiatan  adalah para juara di tingkat Kabupaten. Mereka yang lolos merupakan  juara 1,2 dan 3 dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Menjadi tuan rumah adalah sebuah kebanggaan tersendiri. Alasannya siswa MTs N 2 Banjarnegara menjadi juara 1 untuk bidang IPS terintegrasi dan IPA terintegrasi.

“Semoga bisa juara di tingkat Provinsi,” ucap Ratna Ayu, selaku Kepala MTs N 2 Banjarnegara dengan bangga.

Acara simulasi Kompetisi Sains Madrasah dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 12.00 WIB yang bertempat di laboratorium komputer MTs N 2 Banjarnegara. Terpilihnya MTs N 2 sebagai tempat simulasi dan pelaksana lomba adalah laboratorium yang representatif dan memiliki sarana penunjang yang lengkap. Ruangan yang luas, bersih, dan nyaman. Lingkungan yang asri dan strategis menjadi alternatif yang baik.

Simulasi KSM bertujuan untuk melihat kesiapan pelaksanaan KSM pada hari Senin (20/9). Simulasi untuk mengecek kesiapan aplikasi yang dipakai sebagai sarana lomba, jaringan yang kuat, dan tata tertib yang telah disepakati sehingga peserta tidak canggung lagi.

“Mental peserta diuji apabila ada kendala dalam melaksanakan lomba,” ungkap Mujib proktor Laboratorium.

Semua peserta KSM mengerjakan soal yang telah disediakan panitia. Soal diuji cobakan untuk memberi gambaran lomba KSM besok. Soal tersebut sudah berhasil dikerjakan dan tidak ada hambatan yang berarti dari teknis, jarigan dan lain sebagainya. “Semoga besok sukses dan mendapat juara” jelas Farah Aulia penuh harap. (dw/ak)