UPZ Kankemenag Banjarnegara Rencanakan Berbagi Qurban

Banjarnegara – Dalam program kerja yang direncanakan pada Rapat Kerja UPZ Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara di akhir tahun 2018 terdapat agenda penyembelihan hewan qurban dalam rangka berbagi kebahagiaan di Hari Idul Qurban.

Memasuki awal bulan Dhulzhijah 1440 H/2019, UPZ Kankemenag Kabupaten Banjarnegara membentuk panita dan rapat penyembelihan hewan qurban Jumat ini (02/08) usai sholat jumat di ruang Kasubbag TU Kankemenag.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan mengambil tema, ‘Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara berbagi Qurban’, “Untuk itu perlu dipersiapkan Hewan Qurban, kepanitian dan proses penyembelihan dan ugo rampenya”, ucap Zahid Khazani-Ketua UPZ Kankemenag.

Agar sesuai hukum syarat dan peraturan UPZ, dana yang digunakan sesuai kesepakatan adalah simpanan hak amil tahun 2018, dan tidak mengambil hak zakat dari para muzaki karena hal itu akan menyalahi hukum dan aturan, ungkapnya.

Plt. Kakankemenag H. Sumarna berharap semua peserta rapat untuk bisa berkonftribusi sesuai tugas dan fungsi panitia. “Dalam pelaksanaanya diharapkan untuk bisa dilakukan penyembelihan hewan qurban oleh ahlinya supaya proses baik dan benar guna menjaga kehalalan daging yang akan dibagikan nantinya,”katanya.

Disepakati agenda penyembelihan dilaksankana di depan Masjid Al Ikhlas pada Senin 12 Agustus usai apel pagi yang akan dilakukan ditempat yang sama. Sedangkan pembagian diberikan kepada keluarga kankemenag dan juga warga sekitar kantor sesuai tema.

“Walaupun kegiatan dikantor untuk tetap menjaga kebersihan kantor, kebersihan pekerjaan, dan kebersihan proses pembagian nantinya,” pesannya.

Pelaksanaan penyembelihan hewan qurban merupakan pertama kalinya di Lingkungan Kankemenag, Semoga nantinya bisa dilaksanakan lagi tahun depan dengan harapan ada peningkatan, imbuh Sumarna. (Nangim)