Yesaa, Isi Waktu luang dengan Bermain Bola Basket

Banjarnegara – Bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola besar. Bola dimainkan secara berkelompok yang terdiri dari dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang. Dalam memainkan bola basket diperlukan kondisi fisik yang fit. Hal ini dikarenakan dalam permainan diperlukan banyak kontak fisik dengan anggota tim atau pemain dari tim lawan.

MTs Negeri 2 Banjarnegara memiliki salah satu program ekstrakurikuler olahraga yaitu Bola Basket. Retno Suwarsiki merupakan pembina ekstrakurikuler tersebut.

Retno Suwarsiki membina ekstrakurikuler. Saat ditemui pada waktu luangnya, Beliau selalu memotivasi peserta didik agar semangat dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

“Kalau saya memerhatikan sejak MTs Negeri 2 Banjarnegara memiliki lapangan bola basket, banyak peserta didik yang mulai mencoba dan senang terhadap olahraga tersebut. Saat saya memiliki waktu luang saya berikan motivasi, nasihat-nasihat, dan arahan agar mereka semangat dalam mengikuti ekstrakurikuler ini. Setiap peserta didik memiliki potensi atau talenta sendiri-sendiri. Sebagai tenaga pendidik hanya dapat membantu mengarahkan dan memfasilitasi bakat dan minat dari peserta didik itu sendiri. Banyak sekali bidang yang bisa menjadi daya tarik peserta didik. Salah satunya yaitu, ketertarikan para peserta didik di bidang olahraga. Olahraga dan kesehatan adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, karena jika ingin selalu sehat baik jasmani atau rohani bisa diperoleh dengan rutin berolahraga.” jelas Retno Suwarsiki.

Salah satu peserta didik MTs Negeri 2 Banjarnegara menjelaskan terkait kesukaannya dengan olahraga bola basket.

“Berawal dari melihat lapangan, saya langsung suka, lalu saya berusaha untuk memegang bola dan memainkannya. Ternyata sangat seru sekali. Saya langsung ketagihan. Setiap saya ada waktu luang, saya memainkan bola basket dengan teman-teman saya. Entah ada jam ekstra atau tidak saya tetap memainkan bola basket.” ungkap Yesaa salah satu peserta didik kelas VIII yang ditemui tim media setelah selesai memainkan bola basket pada Kamis (22/6).

Ratna Ayu Kartika Wulan selaku kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara memberikan dukungan mengenai kegiatan tersebut.

“Saya selalu mendukung aktivitas peserta didik, selama aktivitas itu baik bagi mereka. Dalam hal ini saya melihat ekstrakurikuler olahraga Bola Basket masih tergolong baru di madrasah kami. Sehingga untuk mencapai sebuah prestasi dalam olahraga tentu membutuhkan waktu yang lama dan jalan panjang. Maka dari itu mengenali potensi peserta didik sedari dini sangat penting agar kelak dapat mencetak prestasi dan menjadi atlet muda profesional.” pungkas Ratna Ayu Kartika Wulan saat diwawancarai via telepon seluler. (swp)