AKSIOMA Mencetak Generasi Bermental Juara Dan Sportif

Kesemarakan terlihat dalam perlombaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) tingkat Kabupaten Banjarnegara . Pelajar baik MI, MTs Maupun Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Banjarnegara berkumpul sesuai jenis lomba di 3 tempat berbeda, yatu di MAN 2 Banjarneagara, MTs N 2 Banjarnegara, dan MTs Cokroaminoto Bawang.

Pembukaan di adakan di MAN 2 Banjarnegara (08/05).  Kegiatan diikuti sekitar 400an peserta yang terdiri dari siswa siswi MI, Siswa MTs, dan siswa MA, melombakan bakat dan kreatifitasnya dengan penuh semangat, antusias sesuai bidang lomba.

Dalam laporannya, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Banjarnegara, Drs. Karsono, M.M menyampaikan bahwa kegiatan AKSIOMA ini dilatarbelakangi oleh upaya peningkatan mutu dan daya saing pendidikan madrasah yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Kegiatan lomba ini sudah berlangsung sejak tahun 2009 yang bertujuan pengembangan potensi dan kreativitas siswa yang dimiliki pada madrasah. Tema kegiatan di diusung adalah Berkembangnya Potensi Siswa Yang Profesional , Kreatif dan Sportif

Lomba-lomba yang dilombakan untuk tingkat MI melombakan MTQ Putra dan Putri, Pidato Bahasa Indonesia Putra dan Putri, Atletik, Lari 60 M Putra dan putri. Untuk tingkat MTs melombakan MTQ putra dan putri, Pidato bahasa Arab Putra dan Putri, kaligrafi Putra dan putri, Hadroh Putra dan Putri, Atletik lari 100 m dan 400 M putra dan putri, bulutangkis putra dan putri, tenis meja putra dan putri. Sedangkan pada tingkat MA dilombakan MTQ Putra dan Putri, Pidato bahasa Inggris Putra dan Putri, kaligrafi Putra dan putri, Singer Putra dan putri, Atletik, lari 100 M dan 400 M putra dan Putri, bulutangkis Putra dan putri, tenis meja putra dan putri.

“Citra madrasah dalam pengembangan rohani, jasmani, skill dan intelektualitas, juga potensi dan kreativitas siswa di bangun pada perlombaan AKSIOMA”dijelaskan Karsono. Penghargaan atas pretasi dan di topang oleh kejujuran, ketekunan, semangat, sportif amat di junjung tinggi. Diharapkan lomba kali ini mendapatkan juara, yang kemampuannya bisa menjuarai perlombaan AKSIOMA di tingkat Provinisi.

Dalam sambutan dan pembukaan perlombaan Kepala kankemenag Banjarnegara, Drs. H. Farhani, SH. MM memotivasi peserta agar menjadikan AKSIOMA media untuk meningkatkan mental juara dan bersaing secara sportif dalam bidang seni maupun olahraga. “Namun jangan lupa sertakan dalam setiap prestasi  dengan iman, ilmu, seni dan niat amal ibadah” ditambahkan

Beliau juga menggaris bawahi bahwa kesempatan untuk berprestasi yang di ukir dalam perlombaan dijadikan sebagai bekal dalam menuntut ilmu dan menyongsong masa depan dengan mental juara dan sportifitas. Karena dalam kehidupan setelah lulus sekolah mental dan jiwa sportif  menjadi kekuatan luar biasa dalam kesuksesan dalam pekerjaan.(Nangim)