Bekali Peserta ANBK dengan Berdoa Bersama dan Motivasi

Banjarnegara – ANBK merupakan penilaian yang dilakukan setiap jenjang sekolah. ANBK dilaksanakan serentak seluruh Indonesia tanggal 4 sampai 7 Oktober 2021. Pelaksanaan ANBK sudah kian dekat. 50 siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara, duta ANBK Madtsansa menerima pembekalan dari beberapa guru. Pembekalan ini dimulai dengan salat duha, motivasi oleh kepala madrasah, dan motivasi dari tim bimbingan konseling MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Sabtu, (2/10/2021).

Diawali dengan salat duha bersama dipimpin oleh Ikhsanudin, guru sekaligus waka urusan kesiswaan di masjid MTs Negeri 1 Banjarnegara. 50 duta Madtsansa ini melaksanakan salat duha dilajutkan dengan berdoa bersama. Dalam pelaksanaan doa berasma ini, Ikhsanudin mengajak siswa untuk banyak beristighfar, bertahmid, bertasbih kepada Allah SWT. Selain itu, Ikhsanudin juga mengimbau siswa untuk minta doa restu kepada  orang tua supaya sukses dalam pelaksanaan ANBK.

“Pulang dari sekolah nanti silakan kalian minta maaf kepada orang tua atau ustadz yang di pondok. setelah itu mintalah doa supaya kalian bisa sukses melaksanakan ANBK tanggal 6 dan 7 Oktober besok. Kemudian, banyak-banyaklah berdoa kepada Allah, memuji Allah. Allah itu kalau dipuji seang, manusia saja senang kalau dipuji. Nah kalau sudah dibuat senang meminta apapun insyaallah diijabah,” tutur Ikhsanudin.

Selanjutnya, duta ANBK Madtsansa ini diarahkan ke aula untuk menerima motivasi. Eko Widodo, selaku kepala madrasah menyampaikan motivasi kepada peserta ANBK. Dalam menyampaikan motivasinya, Eko Widodo mengajak siswa untuk tidak terbebani dengan ANBK karena 50 siswa ini adalah anak-anak terpilih untuk membawa nama baik MTs Negeri 1 Banjarnegara. ANBK ini jangan dijadikan beban, serius tapi santai supaya tidak terbebani.

“Tujuan ANBK adalah untuk mengevaluasi pembelajaran di  madrasah. Jadi, duta Madtsansa ini adalah anak-anak pilihan untuk berjuang demi MTs Negeri 1 Banjarnegara. ANBK jangan dijadikan beban. Dalam ANBK ini memerlukan banyak membaca dan analisis yang tinggi. Jika kalian ingin sukses maka ada kuncinya. Kuncinya adalah takwa, berbakti kepada orang tua, dan berdoa. Insyaallah jika kalian memegang kunci kesuksesan ini kalian juga akan sukses dalam pelaksanaan ANBK. Kita berdoa bersama, bapak dan ibu guru di sini juga tidak lelah dalam mendoakan kalian,” tegas Eko Widodo.

Tim bimbingan konseling MTs Negeri 1 Banjarnegara juga turut memberi pembekalan kepada para duta Madtsansa. Diawali oleh Ibu Nasiah Ningrum, guru BK MTs Negeri 1 Banjarnegara yang mengajak duta ANBK Madtsansa untuk percaya diri. Setiap siswa harus percaya diri, hindari kata-kata dan prasangka bahwa mereka tidak bisa. Duta Madtsansa harus ber-mindset “Aku Bisa!”.

“Percaya diri adalah suatu keyakinan. Jika sudah tertanam percaya diri pada diri kita, insyaallah semua akan mudah. Jika kalian yakin kalian bisa melaksanakan ANBK dengan baik dan sukses, insyalaah Allah akan memberi kemudahan. Faktor meningkatkan rasa percaya diri ada empat yaitu pengenalan diri, upaya pembentukan sikap, umpan balik, dan pengembangan diri. Mari kita tanamkan dalam diri kita bahwa kita bisa, bahwa kita yakin Allah akan memberi kemudahan,” Jelas Nasiah Ningrum kepada para duta ANBK Madtsansa.

Setelah motivasi disampaikan, selanjutnya adalah arahan atau teknis pelaksanaan ANBK oleh Ardian Apriliana, proktor ANBK  MTs Negeri 1 Banjarnegara. Diharapkan dengan pembekalan teknis ini dapat membantu dan memudahkan duta ANBK Madtsansa dalam pelaksanaan ANBK 6 dan 7 Oktober mendatang. (rin/ak)