Bentuk Karakter Islami, MTs Muhammadiyah Kecepit Adakan Pesantren Kilat

Banjarnegara – Sebagai upaya membentuk karakter islami, MTs Muhammadiyah Kecepit mengadakan pesantren kilat di bulan suci ramadhan 1442 H. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 19 April sampai 30 April 2021 dengan jadwal dua shift.

Pesantren kilat adalah kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan pada bulan ramadhan di sekolah. Namun kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pandemi covid yang belum usai. Untuk meminimalisir kerumunan, para siswa yang berangkat hanya 50% dari jumlah siswa. Tidak lupa pihak madrasah juga tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu masing-masing siswa memakai masker, mencuci tangan, mengecek suhu dan menjaga jarak.

Semua guru dan siswa terlihat aktif dan semangat dalam melaksanakan kegiatan pesantren kilat ini. Pesantren kilat dilakukan untuk membentuk karakter islami dan membina akhlakul karimah diantara para siswa. Selain itu, pesantren kilat menjadi momen yang berharga bagi siswa untuk belajar agama islam lebih dalam lagi.

“Pesantren kilat ini dilakukan guna meningkatkan keimanan, ketaqwaan kepada siswa. Lewat pesantren kilat, anak-anak bisa belajar untuk bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang, menyenangkan dan mendapatkan banyak ilmu agama sehingga menghindarkan dari hal-hal yang kurang bermafaat seperti bermain gadget atau bermain game”. Ucap L. Kodariyah selaku guru Al-Quran Hadist. 

Menurut L. Kodariyah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari pesantren kilat diantaranya anak akan menjadi mengenal lebih banyak tentang sejarah islam, anak akan meneladani tokoh-tokoh para nabi yang diajarkan dan melatih mentalitas serta moralitas islam kepada anak.

“Dengan adanya kegiatan pesantren kilat ini diharapkan anak-anak akan terus melakukan pembiasaan seperti membaca Al-Quran, menafsir Al-Quran, maupun melaksanakan salat duha,” harapnya. (ak)