Bimtek Penyusunan Soal HOTS di MTs Negeri 2 Banjarnegara

Banjarnegaran – Sebanyak 103 guru Madrasah Ibtidaiyah sekabupaten Banjarnegara, mengikuti acara Bimtek Penyusunan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) di MTs N 2 Banjarnegara baik secara luring maupun daring live melalui media online youtube dan zoom meeting Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Banjarnegara, Suryo Agus Suripto. Turut hadir Kasi Pendidikan Madrasah, Slamet Wahyudi dan tuan rumah Kepala Madrasah Ratna Ayu Kartika Wulan. (10/03)

Kepala Kankemenag Banjarnegara, Suryo menyambut baik kegiatan ini dengan harapan semoga kegiatan seperti ini mampu menambah pengetahuan bagi guru dalam penyusunan soal hots untuk siswa. “Tidak gampang membuat soal-soal yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi. Maka dalam membentuk kualitas siswa yang lebih baik, soal-soal semacam ini memang harus dikembangkan oleh guru dengan baik dan diterapkan di kelas yang diampu,” terangnya.

Sementara itu Ratna selaku tuan rumah sekaligus mewakili ketua panitia Ridlo Pramono yang berhalangan hadir karena bersamaan dengan undangan Alumninya yang sedang dikukuhan menjadi guru besar di IAIN Purwokerto mengatakan, HOTS, Higher Order Thinking Skills adalah jenis soal yang dalam pengerjaannya memerlukan kemampuan analisis yang tinggi. “Soal hots fokusnya menalar karena itu peserta dimohon untuk bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sampai paham sehingga akhirnya bisa mengimplementasikan dalam proses pembelajaran,” jelasnya.

Pemateri teknik penyusunan soal hots, Dwi Setyo Rahmanto yang merupakan guru TIK MTs Negeri 2 Banjarnegara menjelaskan tentang petunjuk teknis penyusunan soal hots sesuai keputusan dirjen Pendis nomor 781 tahun 2021. “Bahwa acara ini dilaksanakan untuk menjalankan amanah Dirjen Pendis dalam rangka memberikan pemahaman dan mengembangkan ketrampilan kepada guru madrasah tentang penyusunan butir soal hots” terangnya

Selama acara berlangsung peserta diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang dipaparkan oleh beberapa narasumber. Peserta juga melaksanakan diskusi dan praktek membuat soal hots.  Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.30 tersebut diikuti oleh peserta dengan penuh semangat karena materi yang disajikan sangat menarik, menantang, dan sangat menunjang kegiatan belajar mengajar terutama bagi guru dalam menyajikan soal untuk peserta didik.(Ref/Nafis/ak)