Ide Kostum Yang Kompak Upacara HUT RI Ke-78, Guru Metro Kenakan Hiasan Kepala Bernuansa Merah Putih

Banjarnegara-Ide kostum 17 Agustus 2023 bisa menjadi inspirasi untuk menyemarakkan hari kemerdekaan, khususnya perlombaan yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Berbagai kegiatan untuk menyambut dan memeriahkan hari kemerdekaan selalu diadakan masyarakat Indonesia. Selain upacara bendera, peringatan hari kemerdekaan selalu diisi dengan lomba-lomba hingga karnaval kostum.

Upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-78 MTs Negeri 2 Banjarnegara pada hari Kamis (17/8) di halaman Bola Basket. Upacara yang dimulai pukul 07.00 WIB ini dipimpin oleh Kepala Madrasah, Guru Tenaga Pendidikan dan seluruh peserta didik dari kelas 7 sampai 9. Semua tenaga pendidikan dan guru sebagai peserta upacara Nampak mengenakan pakaian adat nasional yang kompak dan ikat kepala yang bernuansa merah putih, sementara peserta didik tetap memakai seragam identitas seperti biasa.

Ratna Ayu Kartika Wulan bertindak sebagai pembina upacara. Bertugas sebagai komandan, Eko Rizky , pengatur acara/MC Dina Puspitasari, Ajudan Wahyu Fajar Sy,Pengibar Bendera Hengki F, Retno Suwarsiki, M.Hidayat A, Pembaca UUD 45 Titin Indri, Pembc Naskah Proklamasi Siswo Purnomo, Doa Kharisudin, Pemimpin Pleton Heru Setiawan , Edo Primananda, M.Yasin, Arba Finda, Nirmala  Firdza,  Villia Erry, Dirigent:Shonya Herawati, Fotografer Ibnu Cahyadi, Pemain Orgen Devana IH dan Padus Bapak dan Ibu guru .

Dalam membacakan amanat, Ratna Ayu Kartika Wulan menyampaikan pesan Menteri Agama (Menag) RI yaitu sebagai kementerian yang juga bertanggung jawab dalam merawat harmoni dan kerukunan umat, Kementerian Agama harus berada pada garda terdepan dalam menguatkan semangat toleransi dan koeksistensi untuk bisa hidup bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika dan menekankan peserta didiknya untuk menghargai perjuangan para pejuang yang telah rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia. Untuk peserta didik dengan menerapkan dirinya sebagai pelajar yang taat sesuai aturan jangan sampai tidak mematuhi peraturan. Maka bersyukurlah di era kemerdekaan ini bisa menikmati kemerdekaannya dengan sebaik-baiknya sebagai pelajar.

“Sebagai kementerian yang juga bertanggung jawab dalam merawat harmoni dan kerukunan umat, Kementerian Agama harus berada pada garda terdepan dalam menguatkan semangat toleransi dan koeksistensi untuk bisa hidup bersama dalam Bhinneka Tunggal Ika. Saya tekankan peserta didik untuk bisa menghargai perjuangan para pejuang yang telah rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan Indonesia. Untuk peserta didik dengan menerapkan dirinya sebagai pelajar yang taat sesuai aturan jangan sampai tidak mematuhi peraturan. Maka bersyukurlah di era kemerdekaan ini bisa menikmati kemerdekaannya dengan sebaik-baiknya sebagai pelajar yang baik yang taat kepada orangtua sendiri dan gurunya,” pesan Kepala Madrasah.

Dalam kesempatan usai upacara Nur Farida selaku Wakil Kepala Kesiswaan memberikan pengumuman untuk seluruh peserta didik, Guru dan Tenaga Kependidikan tentang kegiatan-kegiatan perayaan mendatang yang akan dilaksanakan, dan taklepas dengan berfoto ria gembira dengan kostum yang dipakai membuat lebih sumringah dengan merah putihnya. Dirgahayu Republik Indonesia ke-78, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. (en)