In House Training Songsong PAS-PTS MTs Muhammadiyah 1 Kalibening

Kalibening – In House Training (IHT) MTs Muhammadiyah 1 Kalibening (2/3) diikuti oleh semua guru sejumlah 16 guru. Materi yang disampaikan pada kegiatan ini, tentang penyusunan soal memakai Google Form mengambil tempat ruang guru Madrasah.

Dalam rangka menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) bagi kelas 9 dan Penilaian Tengah Semester (PTS) untuk kelas 7 dan 8 di  masa pandemi Covid 19, Rofiatun, Kepala MTs Muhammadiyah 1 Kalibening, dalam rapat memutuskan penyusunan soal PAS maupun PTS menggunakan Google Form.

“Pemakaian Google form  merupakan solusi agar siswa dapat mengikuti PAS maupun PTS secara aman tanpa resiko penularan Covid 19 dengan mengerjakannya di rumah masing-masing. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengamanatkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” ucapnya

Selain itu, dengan Google form ini guru juga lebih mudah dalam membuat soal secara daring. Pemeriksaan hasil PAS dan PTS pun menjadi lebih mudah melalui aplikasi tersebut, tambahnya.

Kendala yang dihadapi oleh guru MTs Muhammadiyah 1 Kalibening, baru ada beberapa yang sudah terbiasa menggunakan Google Form. Sebagai solusinya, MTs Muhammadiyah 1 Kalibening akan menyelenggarakan pelatihan penyusunan soal memakai Google Form. Pelatihan ini dipandu oleh salah satu guru yang sudah terbiasa memakai Google Form yaitu Teguh Heru Widianto.

Rofiatun menyampaikan. “Guru zaman sekarang harus mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan teknologi. Tidak boleh Gagap Teknologo (GAPTEK)”.

Target pelatihan adalah seluruh guru MTs Muhammadiyah 1 Kalibening mampu menyusun soal memakai Google Form serta peningkatan kinerja guru di bidang Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK). Imbas dari pelatihan terhadap guru ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa MTs Muhammadiyah 1 Kalibening, pungkasnya.(sn/mnh)