Jelang Pelaksanaan KSM, KKMI Kecamatan Banjarnegara Adakan Simulasi

Banjarnegara – KKMI Kecamatan Banjarnegara menggelar simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dipusatkan di MI Al Fatah Banjarnegara sesuai dengan arahan Kemenag Banjarengara. (16/8)

Kegiatan simulasi ini diikuti oleh seluruh Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berada di wilayah Kecamatan Banjarnegara yaitu, MI Al Fatah, MI Muhammadiyah Semampir, MI Muhammadiyah Karangtengah dan MI Ahsanul Ulum. Setiap MI mengirimkan 2 peserta yang terdiri dari cabang Matematika dan IPA.

Hadir pada kegiatan tersebut Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Guru Pembina dan juga peserta. Sebelum pelaksanaan simulasi dimulai Pengawas Madrasah Vijanti Marzuqi memberikan pengarahan kepada seluruh peserta dan juga pembina. Dalam arahanya beliau menjelaskam bahwa simulasi diadakan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan tanggal 23 Agustus mendatang.

“Untuk simulasi kali ini dilaksanakan secara secara serentak di seluruh Indonesia. Kemenag Banjarnegara menetapkan bahwa pelaksanaan simulasi tiap kecamatan dipusatkan dalam satu tempat. Untuk MI di Kecamatan Banjarnegara kita laksanakan di MI Alfatah. Saya berharap dengan adanya simulasi ini bisa memberikan gambaran riil pelaksanaan saat KSM bagi para pesrta,” jelasnya

Dalam kesempatan itu Vijanti juga memberikan motivasi kepada peserta simulasi yang akan mengikuti KSM untuk terus berlatih dibawah bimbingan pembina, selain itu beliau juga mengharapkan adanya kerjasama antar pembina di Kecamatan Banjarnegara, apabila ada kesulitan dalam pembimbingan diharapkan untuk bisa saling Kerjasama dengan bertukar informasi.

Titin salah pembina KSM dari MI Alfatah merasa senang dengan adanya kegiatan simulasi ini, karena anak akan menjadi semakin mantap dalam menghadapi pelaksanaan KSM nanti.

“Alhamdulillah kegiatan simulasi sangat bermanfaat bagi peserta KSM. Saya berharap anak semakin siap ketika hari pelaksanaan nanti, karena di simulasi ini secara teknis sudah sama persis,” ujarnya.

Pelaksanaan simulasi terbagi menjadi 2 tahap yaitu tahap 1 pukul 09.30 s.d 11.00 WIB untuk  mata pelajaran matematika, sedangkan tahap 2 pukul 13.30 – 15.00 WIB  untuk mata pelajaran IPA. Peserta diperkenalkan dengan aplikasi CBT yang disiapkan Kementerian Agama. Selanjutnya peserta mengakses dan menginput data dengan mengikuti langkah yang ditentukan oleh sistim dalam aplikasi tersebut. (bs/ak)

Bagikan :
Translate »