Jelang Sholat Istisqo KUA Dan MUI Adakan Pengukuran Arah Qiblat

Banjarnegara – Hari Senin (07/10) Dalam rangka persiapan sholat istisqo guna memohon diturunkan hujan, Tim KUA Kecamatan Susukan bersama MUI Kecamatan Susukan mengadakan kegiatan  pengukuran arah qiblat di dua lokasi, pertama di Lapangan Petung Desa Susukan sebagai lokasi pelaksanaan sholat istisqo dan yang kedua di Masjid Nurul Iman Desa Kemranggon.

Menurut Kepala KUA Susukan, Afif Sarianto didampingi Penyuluh Fungsional Toto Subagyo selaku koordinator tim teknis, masih banyak tempat ibadah yang sejak awal pendiriannya belum di ukur arah qiblatnya secara benar. Bahkan menurut informasi dari seorang tokoh agama setempat, banyak yang mendirikan tempat ibadah hanya mengikuti arah perkiraan berdasar letak pekarangan dan bangunan lain yang sudah lebih dahulu berdiri. Karena itu perlu dilakukan pengukuran ulang.

Toto selaku koordinator tim mengatakan, karena adanya respons positif masyarakat terkait kegiatan yang dilakukan, maka upaya pengukuran kembali arah qiblat akan terus di lakukan.

“Sesuai hasil rakor Penyuluh Fungsional bersama Penyuluh Non PNS sebagai tim teknis di lapangan, direncanakan maksimal sampai pertengahan tahun 2020, seluruh tempat ibadah di wilayah Kecamatan Susukan sudah di ukur arah qiblat,” tambahnya. (Totos/mnh)