Keutamaan Membaca Surah Al Mulk Jadi Pelindung dan Penyelamat Siksa Kubur

Banjarnegara – Bertempat diruang guru MTsC Badamita, Edi Mufidun yang merupakan guru Tahfidz mengadakan kajian Al Quran surah Al Mulk dan kandungannya, secara individual kepada guru. Kegiatan ini merupakan program Ramadhan dalam rangka membumikan Al Quran kepada guru. Senin (3/5).

Al-Quran merupakan pedoman hidup manusia yang wajib dibaca dan dipedomani sepanjang hidupnya. Edi Mufidun menekankan kepada seluruh guru MTsC Badamita bersama-sama belajar dan mengamalkan kandungan yang ada pada Al Qur’an.

Edi Mufidun dalam kajiannya menerangkan pentingnya mempelajari Al-Quran. “Kita sebagai seorang guru tentunya harus memiliki semangat yang lebih dari peserta didik dalam mempelajari Al Qur’an. Selain mendapat pahala, membaca dan menghafalkan Al Qur’an juga akan menjadi penolong kelak di akhirat nanti. Salah satu surah yang memiliki keistimewaan sebagai pelindung sisksa kubur yakni, Surah Al Mulk. Surat Al-Mulk terdiri dari 30 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyyah karena diturunkan di Mekah. Surat Al-Mulk diambil dari kata “Al Mulk” pada ayat pertama yang artinya kerajaan atau kekuasaan. Setiap surat dalam Alquran memiliki keutamaan, tak terkecuali, surat Al-Mulk,” terangnya.

Seluruh manusia yang ada di bumi akan kembali kepada Allah SWT. Mereka akan meninggal dan berpindah dari alam dunia ke akhirat. Namun, setiap manusia harus melewati siksa kubur terlebih dahulu untuk mempertanggungjawabkan semua perbuataannya semasa hidup. “Siksa kubur yang didapatkan bisa begitu pedih sehingga umat Islam hendaknya mempersiapkan amal ibadah sebagai penolong. Salah satunya dengan senantiasa membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk,” tambahnya.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya, “Bahwasanya suatu surat di dalam Alquran mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakal-lazi bi yadihil-mulk, Maha Suci Allah yang ditangan-Nyalah segala kerajaan.” (HR Abu Dawud)

Edi Mufidun mengatakan salah satu penyebab siksa kubur adalah tidak mengamalkan isi Al-Quran. Oleh karena itu, hal sebaliknya, yaitu mengamalkan isi Alquran, dapat membantu umat Muslim selamat dari siksa kubur. 

“Itulah salah satu keistimewaan surah Al-Mulk. Setelah kita tahu keistimewaannya, mari kita secara perlahan belajar secara rutin membaca serta mengamalkan isi kandungannya agar kita mendapatakan ampunan Allah, dan syafaat dari surat Al Mulk yang kita baca,” tutupnya. (ak)