Mengakomodir Harapan Guru PAI Melalui Regulasi

Pemerintah menerbitkan dan melaksanakan regulasi tentunya melalui banyak pertimbangan, tidak terkecuali regulasi di bidang Pendidikan. Regulasi Pendidikan juga bergerak maju untuk meningkatkan pendidikan generasi penerus bangsa. Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu bidang pendidikan disekolah juga harus mengikuti dan peka terhadap regulasi tersebut.

Hal tersebut sebagai pembuka materi Mindset pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum 2013 Angkatan 3, Selasa (17/11) ini yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama kab. Banjarnegara, Farhani. Kegiatan diselenggarakan Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melalui Seksi PAI di Ruang Kencana, Hotel Surya Banjarnegara kepada Guru-guru PAI di sekolah se-Kabupaten Banjarnegara.

Perubahan Mindset Pendidikan terjadi disebabkan perubahan aspek kualitatif, efektivitas, dan efisiensi. Ruang Lingkupnya seperti tata kelola kurikulum Pendidikan Nasional, metodologi educative-learning and teaching process, serta Pola berfikir, sikap dan perilaku guru dalam cara mengajar, memenej pendidikan dan pembelajaran.

Farhani menjelaskan bahwa masalah degradasi moral menjadikan guru PAI harus bersikap dengan benar dan tepat dalam mengajar. Pendidikan agama selain berupa diberikan sebagai materi kontek memberikan teori namun harus dipraktekkan dalam kehidupan. Oleh karena itu guru walaupun sudah profesional diharuskan tidak berhenti belajar.

“Sebagai guru, jadilah pahlawan di tempat dia mengajar, bukan terkenal di kecamatan, kabupaten, provinsi maupun nasional” ditegaskan.

Melalui Kurikulum 2013 (Kurtilas) guru di bebankan dengan administrasi, dan itu harus di kerjakan. Melalui administrasi juga penilaian keberhasilan pendidikan bisa diukur yang nantinya akan dievaluasi.

Pemerintah melalui regulasi pelakasanaan Kurtilas sudah terakomodir keinginan/ harapan guru untuk keberhasilan pendidikan.  Namun sebagai sesuatu yang baru, perlu proses adaptasi, pengenalan melalui bimtek yang nantinya dipraktekkan ditempat mengajar masing-masing. 

Melalui keikhlasan dan kesabaran akan membawa keberhasilan pendidikan bidang yang diajarkan, disampaikan sebagai penutup materi Mindset(Nangim).

Bagikan :
Translate ยป