Pemberdayaan Publikasi Melalui Pelatihan WordPress

Fungsi kehumasan memegang peranan penting sebagai mediator antara organisasi dengan publiknya. Segala aktivitas organisasi/instansi perlu dilakukan fungsi manajemen komunikasi dan informasi kepada publik disinilah peran dari humas diperlukan.

Poin di atas menjadi bagian paparan materi Peran Kehumasan Pada Kemenag Kab/Kota yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Banjarnegara, Farhani saat Rakor Kehumasan dan Optimalisasi Publikasi 2015.

Sejumlah 48 peserta di undang pada kegiatan, kamis (19/11) kemarin di aula kantor. Peserta terdiri dari Kasi dan Penyelenggara, KUA kecamatan, pengelola data Seksi dan Penyelenggara, pengelola publikasi Satker MAN,MTsN dan MIN.

Farhani menjelaskan, saat ini kemasan dan format informasi juga memiliki nilai dan makna saat disampaikan baik untuk publikasi maupun pencitraan. “Tidak terkecuali dengan Instansi Pemerintah dalam layanan kehumasan dan komunikasi dengan masyarakat”.

Ditambahkan, sekarang publik mengharapkan layanan informasi serba cepat dan transparan, dan media yang sangat mendukung adalah website.

Sesi selanjutnya Pengelola Website/situs Kemenag Banjarnegara, Nangim menyampaikan materi Jurnalis Media Online. Di sesi ini diterangkan keunggulan media online, jenis tulisan media online, teknis dan gaya penulisan, dan bagaimana membuat berita enak dibaca dengan memperhatikan lead serta mengurangi kesalahan tata bahasa yang membuat pembaca tertarik.

Materi terakhir berupa praktek membuat web menggunakan media CMS WordPress. Walau WordPress disediakan gratis di internet, namun banyak memuat banyak fitur dan mudah dalam aplikasinya.

Step-by step peserta di pandu pembuatan web sederhana dengan mempersiapkan account email masing-masing. Dengan waktu singkat, memang web yang dihasilkan masih sederhana. Diharapkan peserta bisa mengembangkan dan mempercantik web dengan mencari tutorial, themes, dan plug-in yang tersedia banyak dan gratis di internet.

Hasil web bisa upgrade ke mode .sch/ .com/ .go.id, selanjutnya link akan dipasangkan ke web kabupaten di panel link satker.

Diakhir pelatihan, Nangim berharap pengelola data KUA Kecamatan, Satker, Seksi-gara bisa berpartisipasi membuat berita terkait kegiatan masing-masing di web dan bisa di kirim ke website kebupaten.

Melalui web informasi yang dibutuhkan masyarakat bisa cepat diakses, “Jadikan website juga sebagai media komunikasi online Kantor, satker KUA Kecamatan, madrasah maupun seksi-gara”, pungkasnya.

Bagikan :
Translate ยป