Menjadi Perempuan Berdaya, Refleksi Memperingati Hari Kartini Di Masa Pandemi

Banjarnegara – DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara sebagai salah satu organisasi yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW)  diwakili oleh Wakil Ketua DWP Ibu YUni Nur Azizah ikut berpartisipasi mengikuti serangkaian kegiatan peringatan Hari Kartini ke-142 di Pendapa Dipayudha Adhigraha (27/04).

Peringatan hari Kartini ke- 142 tahun 2021 ini mengambil tema “Bangkit Semangat Berjuang di Masa Pandemi, Perempuan Indonesia Hebat” yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh organisasi wanita yang tergabung dalam GOW Kabupaten Banjarnegara. Para peserta hadir mengenakan busana nasional dengan menerapkan protokol kesehatan.

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) merupakan salah satu organisasi wanita sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas dalam pemberdayaan masyarakat.  GOW terdiri dari organisasi-organisasi wanita kurang lebih sekitar 20 organisasi yang tergabung dalam GOW meliputi PKK, Dharma Wanita, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini, Dharmayukti Karini, Ikatan Istri Anggota Dewan dll.

Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono turut hadir dalam peringatan tersebut dan menyampaikan bahwa tema yang diambil dalam peringatan Hari Kartini sungguh relevan dengan kondisi saat ini. “Di masa pandemi, perempuan harus kuat, harus bangkit semangatnya untuk berjuang di masa pandemi bersama suami. Perempuan bukan saja guru bagi keluarganya, tapi sekaligus benteng, sosok yang bisa memberikan rasa nyaman bagi putra-putri, pendamping bagi suami yang bisa mewujudkan kebahagian keluarga,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua GOW Kabupaten Banjarnegara, Ny Sri Rejeki Indarto dalam sambutannya menyampaikan agar peringatan Hari Kartini bukan hanya seremonial saja, akan tetapi harus senantiasa direfleksikan dalam kegiatan aktual yang selaras dengan cita-cita perjuangan Ibu Kartini yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan memperjuangkan emansipasi wanita agar kedudukan kaum wanita sejajar dengan kaum pria. “Meskipun demikian, kaum wanita juga harus menyadari kewajiban dan kodratnya sebagai ibu yang mengandung, melahirkan dan mendidik anak-anaknya. Perempuan juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung dan memberi semangat suami dalam menggapai kesuksesannya,” terangnya.

Dalam kesempatan lain, Khuriyah selaku Ketua DWP Kemenag Kab Banjarnegara juga menyampaikan bahwa memperingati Hari Kartini dapat diwujudkan melalui beberapa kegiatan bermanfaat bagi masyarakat sekitar atau kegiatan yang mampu mengeksplorasi kemampuan ibu-ibu di lingkungan Kementerian Agama Kab.Banjarnegara. Melalui peringatan Hari Kartini, semoga Ibu-ibu dapat menjadi perempuan berdaya di masa pandemi. (ak/hmsdwp)