MTs N 1 Banjarnegara Gelar Tes Program Tahfidz PPDB 2021/2022

Banjarnegara – Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2021/2022, MTs N 1 Banjarnegara membuka dua jalur, yaitu jalur Prestasi dan Jalur Reguler. Pada hari Kamis (15/4) bertempat di Masjid MTs N 1 Banjarnegara melaksanakan program seleksi tes Tahfidz yang terdapat pada jalur prestasi.

Adapun nama peserta tes tahfidz yang diumumkan melalui surat edaran MTs N 1 Banjarnegara yaitu, ananda Amalia Indah Salsabila dari MI Al Fatah Parakancanggah, kemudian ada ananda Adienta Maydilan El Shafi dari MI Al Falah Parakancanggah. Perlu diketahui materi tes Tahfidz mulai dari jus 1 dan jus 30.

Dalam pelaksanaan tes yang dimulai dari pukul 07:00 WIB ini berjalan dengan lancar, dimana Iksan selaku Waka Kesiswaan mengaku memantau langsung dalam pelaksaan tersebut.

“Ya pelaksanaan berjalan lancar, para calon peserta MTs N 1 Banjarnegara mampu melakukan tes Tahfidz dengan baik. Walaupun pada awalnya mereka sedikit grogi dan gugup, tetapi tidak menutup mereka lupa hafalannya,” terangnya.

Disamping itu, Iksan juga berharap dengan adanya program Tahfidz ini dapat mendorong anak-anak untuk mengenal dunia islami sedari kecil.

“Perspektif kependidikan khususnya di MTs N 1 Banjarnegara harus menggunakan nilai-nilai progresif dan inovatif dengan era milenial seperti sekarang. Dengan demikian, program Tahfidz mampu bersaing dan sekaligus bersanding dengan sistem pendidikan modern.” tegasnya.

Disatu sisi, Zaenal, selaku Kepala Sekolah juga menyampaikan bahwa, “Pengkajian dan pendalaman terhadap sumber-sumber ajaran Islam Al-Quran dan Hadith harus menjadi landasan dan pondasi dalam berpikir dan berkiprah, begitu juga mendidik anak-anak supaya gemar mempelajari Al-Quran. Pada usia anak-anak adalah masa keemasan bagi orang tua agar anaknya untuk belajar al-Quran.” ungkapnya. (risky/ak)