MTs N 1 Banjarnegara sukseskan Program PAT Secara Daring

Banjarnegara – Mengakhiri semester dua di tahun ajaran 2020/2021, MTs N 1 Banjarnegara melaksanakan program Penilaian Akhir Tahun (PAT) yang diselenggarakan mulai dari 2 Juni sampai 8 Juni 2021. Program PAT nantinya dilaksanakan dirumah peserta didik masing-masing dan diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8. Kegiatan ini sangat penting karena memberi kesempatan kepada siswa untuk mengetahui sampai mana pengetahuan dan pemahaman dalam mengikuti pembelajaran selama satu semester.

Sebelumnya, MTs N 1 Banjarnegara juga membentuk panita PAT yang terdiri dari enam Guru Madrasah antara lain Nurwachidin Supriyatno, Rizki Nurfarida, Siti Masruroh, Agustina Dewi Merdekawati, Tri Widayati, serta Ja’far Ali Pramudya. Pembentukan panitia PAT sendiri dilakukan untuk mempersiapkan sebagaimana proses PAT agar berjalan dengan lancer.

“Segala persiapan kita lakukan demi terciptanya sukses PAT. Dengan melaksanakan program PAT, siswa/siswi dapat mengetahui seberapa paham pembelajaran yang telah disampaikan para guru secara online atau daring,” terang Nurwachidin.

Yuniyati selaku Waka Kurikulum MTs N 1 Banjaranegara menyatakan bahwa Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah kegiatan yang dilakukan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap.

“Pada dasarnya, PAT sendiri memiliki cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester genap.  Hasil penilaian akhir tahun selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar peserta didik. Hasil penilaian ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk pengisian rapor.” ujar Yuniyati.

Beliau berharap di semester dua ini program PAT bisa berjalan dengan lancar, dan peserta didik dapat mengerjakan soal dengan hasil yang memuaskan. Di mana, Kriteria paling rendah untuk menyatakan siswa mencapai kentuntasan atau biasa disebut dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 70. (Risky/ak)