Seluruh Siswa Mts N 1 Banjarnegara Jalani PAT, Pandemi Sama Sekali Bukan Halangan

Banjarnegara – Ada yang beda di Penilaian Akhir Tahun (PAT) kali ini. Pasalnya, agenda ujian kali ini dilakukan secara online ditengah pandemi covid-19. Walaupun demikian, para peserta didik MTs N 1 Banjarnegara tetap melakukan ujian sebagaimana mestinya.

Rangkaian PAT berjalan dari hari Rabu (2/6) hingga Selasa (8/6) selama enam hari. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah masing-masing peserta didik secara online. Di mana palaksanaan PAT dibuka pukul 07.00 dan berakhir pada pukul 11.00 WIB.

Apakah di masa pandemic menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta didik? Tentu saja tidak. Seluruh siswa justru semakin bersemangat pada momen ujian kali ini. Mereka mengerjakan soal dan menjalani agenda penilaian lainnya dengan penuh antusias. Hal itu disampaikan oleh salah satu siswa kelas 7A yaitu Bangkit.

“Dengan adanya pandemi bukan berarti semangat serta proses belajar menjadi menurun. Melainkan hal ini terbilang baru dalam menghadapi tantangan di dunia Pendidikan,” jelasnya

Bangkit hanya perlu sedikit beradaptasi dalam sistem belajarnya serta memanfaatkan perkembangan di era digital.

Terlepas dari antusias para peserta didik dalam melaksanakan program PAT yang sudah berjalan selama tiga hari ini pada Jumat (4/6), panitia PAT yang terdiri dari enam Guru MTs N 1 Banjarnegara juga tidak mau ketinggalan dengan semangat juang para peserta didik. Pasalnya, Persiapan yang telah dilakukan panitia dalam melaksanakan PAT online ini, mulai dari pendataan jumlah siswa yang akan mengikuti PAT, penyiapan aplikasi, pembuatan soal oleh masing-masing guru mata pelajaran.

Perlu diketahui, MTs N 1 Banjarnegara juga menerapkan tata tertib yang harus dipersiapkan para peserta didik untuk menunjang kelancaran pelaksanaan PAT sebagai berikut :

  1. Mengisi paket data (Kouta Internet) yang sudah diberikan oleh wali kelas.
  2. Membersihkan Hp dari konten yang tidak perlu (cache).
  3. Membuang/menghapus Aplikasi yang tidak perlu untuk sementara waktu. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir agar tidak terjadi kendala Ngelag (Suatu program komputer atau ponsel mengalami macet-macet saat dijalankan.)
  4. Bagi siswa yang bermasalah dengan Hp silahkan datang hari itu juga ke sekolah, jangan nunggu setelah ujian selesai.

Disisi lain, Zaenal selaku Kepala Madrasah MTs N 1 Banjarenegara juga memberikan dukungan penuh kepada peserta didik. “Selamat menempuh Penilaian Akhir Tahun (PAT) Pelajaran 2020/2021 untuk peserta didik kelas 7 dan 8, meskipun saat ini masih dalam kondisi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kelancaran dan kesuksesan. Aamiin,” terangnya. (Risky/ak)