OSIS, Wadah Bentuk Kader-Kader Bertanggung Jawab

Banjarnegara– Bertepatan dengan habisnya masa kepengurusan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) MAS Ma’arif Bawang, dilakukan pelantikan kepengurusan baru yang disaksikan oleh Kepala Madrasah, Wakil Kepala Kesiswaan dan Neberapa guru pada Rabu ini (31/3) di depan halaman madrasah.

Pemilihan Ketua OSIS telah dilakukan bulan Januari setelah libur semester gasal yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X, XI dan XII serta semua dewan guru dan staf TU.

Rangkaian acara PILKETOS (Pemilihan Ketua OSIS) dimulai dari sosialisasi, pemilihan bakal calon, penentuan nomor urut, debat terbuka, kampanye, penyampaian visi misi dan diakhiri dengan pencoblosan. Seluruh rangkaian acara dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat seperti jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan dan pembagian giliran pencobolan. Pilketos ini dimenangkan oleh Paslon Hilma Romdonah (XI IPA) dan Kasroh (X MIPA).

Kepala Madrasah, Misbahudin mengambil sumpah pelantikan yang juga disaksikan semua Dewan Ambalan Pramuka. Acara  dilanjutkan penandatanganan berita acara plantikan serta serah terima jabatan secara simbolis berupa penyerahan tongkat komandan dari ketua lama kepada ketua baru.

“Kalian adalah siswa-siswi terpilih yang diberikan amanah oleh madrasah dan seluruh peserta didik untuk mengemban tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan organisasi yang di dalamnya terdapat program-program yang sejalan dengan program madrasah. Bekerjalah semaksimal mungkin untuk memajukan organisasi mencipatakan kader-kader  yang memiliki semangat, tanggung jawab dan punya daya juang,” ungkap Kamad.

Aapresiasi dan memberikan penghargaan  diberikan Kamad kepada pengurus OSIS lama yang telah menyumbangkan ide, pikiran, gagasan, tenaga dan prestasi selama satu tahun karena semua dedikasi yang diberikan sangat berharga bagi kemajuan madrasah dan mudah-mudahan ini menjadi amal yang baik dan bermanfaat.

Sarif Hidayah selaku Wakasis berharap pengurus OSIS yang lama supaya tetap memberikan bimbingan dan dukungan penuh kepada anggota OSIS yang baru terpilih. Untuk anggota OSIS baru semoga dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab serta memberikan kontribusi yang berarti untuk kemajuan madrasah.

“OSIS sebagai wadah siswa untuk berlatih menyalurkan hak demokrasi melalui pencoblosan, mengetahui proses sebuah demokrasi dan memiliki tanggung jawab untuk menjalankan seluruh program kerja atau program kegiatan yang telah dibuat. Sehingga, kalian tidak memiliki sifat anti sosial, mau berpartisipasi dalam kegiatan, tidak apatis, tidak mau tahu apa yang sedang ada di lingkungan sekolah,“ imbuhnya.

Ketua OSIS lama, Saeun (XII IPS)  mewakili pengurus mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuannya  serta meminta maaf atas segala kekurangan selama menjabat ketua OSIS periode 2019/2020. Begitu juga ketua OSIS baru, Hilma Romdonah (XI MIPA) mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan seluruh warga madrasah, serta meminta dukungan penuh dalam mengemban tugas satu tahun ke depan.

Pelantikan OSIS ini diakhiri dengan acara doa bersama, tasyukuran yang dilangsungkan di rumah Kepala Madrasah. (Tw/mnh)