Pembentukan character building melalui PENTAS PAIS

Kementerian Agama bertekad kuat untuk meningkatkan pendidikan karakter (character building) melalui serangkaian kegiatan berbasis keagamaan. Sebab dengan tumbuhnya generasi yang berkarakter baik, maka akan menciptakan sumber daya yang berkualitas secara intelektual dan keimanan.  Tidak terkecuali Pendidikan Agama Islam pada sekolah. Salah satu kegiatan yang diagendakan adalah Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam/ Pentas PAIS.

Sesuai Surat dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Nomor.Kw.11.4/5/KP.02.3/6338/ 2015 Tanggal   22  April 2015, tentang pemberitahuan Pentas PAI Tingkat Propinsi Jawa Tengah Tahun 2015 dan berdasar Undang-undang No. 20 tahun 2013 tentang Pentas PAI, Seksi PAIS Kemenag Banjarnegara mengadakan Rapat Kordinasi (Rakor) Selasa (12/05) di Aula Kantor.

Rakor mengundang 150 peserta terdiri dari Kasi Kesiswaan Dindikpora, Kabid Dikdas/Menengah,  Dindikpora Menengah, KUPT Dindikpora Kec Se-Kabupaten, Ketua dan Pengurus KKG PAI SD Kecamatan, Pengurus MGMP SMP, Guru PAI  SMA, Guru PAI  SMK, Guru PAI SMP 4 Korda, Ketua dan Sekretaris MKKS SMP/SMA/SMK.

Dengan terselenggaranya rakor, diharapkan peserta memahami dasar penyelenggaraan Pentas PAI Tingkat Kabupaten maupun Provinsi Jawa Tengah, memahaami pedoman pelaksanaan  Pentas PAI  Tingkat Kabupaten, serta terbentuknya Panitia PAI Kabupaten Banjarnegara.

Kepala Seksi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara selaku pimpinan rapat mengharapkan Pentas PAI  bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Keterlibatan berbagai komponen pendukung lomba bisa berpartisipasi dan bisa memberi masukkan terkait pelaksanaan kegiatan lomba. Sedianya kegiatan lomba akan dilaksanakan 29 Mei 2015.

Dimungkinkan pelaksanaan lomba dengan peserta yang banyak maka dilaksanakan tidak di satu tempat tetapi di beberapa tempat berbeda, namun tidak berjauhan. Rencana kategori yang dilombakan terdiri dari 7 kategori dan 18 cabang lomba. Kategori lomba, yaitu MHQ, MTQ, Pidato, LCC, Kaligrafi, Kreasi Busana, dan Debat PAI pada tingkat SD, SMP, SMA/SMK untuk putra dan putri.

Hasil rakor berupa terbentuknya Tim Panitia Lomba, dan pedoman untuk pelaksanaan lomba tingkat kabupaten. Nantinya Pentas PAI mendapatkan juara-juara tingkat kabupaten yang akan berangkat ke even tingkat provinsi pada tanggal 15 Juni 2015 mendatang. (Nangim)