Penyuluh Gandeng Tenaga Kesehatan Edukasi Pemulasaran Jenazah covid 19

Banjarnegara – Sebanyak 30 orang terdiri dari relawan, perwakilan tokoh masyarakat dan agama Desa Sikumpul, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara dilatih pemulasaran jenazah covid 19. Pada Jumat 17 September 2021 baru-baru ini.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama lintas sektoral antara pemerintah Desa Sikumpul dengan KUA Kecamatan Kalibening serta menggandeng Puskesmas Kalibening.

Kepala desa Sikumpul yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Desa, Rocham dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan pemulasaran jenazah covid-19 ini penting diadakan.

“Pelatihan pemulasaraan jenazah covid-19 ini diadakan dalam rangka untuk mengedukasi masyarakat tentang pemulasaran jenazah covid 19 sehingga tidak akan terjadi jenazah yang terlantar karena tidak ada tenaga/relawan yang mengurusnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama Bapak Gunawan mewakili Camat Kalibening dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan desa yang diinisiasi oleh pemerintah Desa Sikumpul dah berharap melalui pelatihan ini akan melahirkan relawan-relawan yang tangguh dan kompeten dalam penanganan jenazah covid-19.

Sementara Wasis winarso, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Kalibening yang menjadi salah satu narasumber pada kegiatan pelatihan tersebut memberikan arahan dan juga bimbingan pembelajaran tentang pemulasan jenazah covid-19 sehingga baik sisi protokol kesehatan maupun Syari’ahnya tetap bisa dilaksanakan dengan baik.

“Ada dua hal pokok dalam pemulasaraan jenazah Covid-19 ini, kedua ini harus dilaksanakan, pertama dalam pemulusaraan harus sesuai syariah Islam dan kedua harus sesuai protokol kesehatan, Insya Allah dengan pelatihan ini, kita akan melakukan dua hal pokok tadi,” ucapnya.

Lebih  lanjut, kegiatan ini diharapkan tidak hanya berhenti saat pelatihan saja, tetapi bisa ditularkan kepada masyarakat sehingga tidak sampai terjadi ada jenazah covid 19 yang terlantar dan tidak diurus segera. (ww/ak)