Peringati Hari Bumi, MTs N 1 Banjarnegara Lakukan Penataan Ruang Hijau

Banjarnegara – Dalam memperingati hari bumi yang jatuh pada 22 April 2021, MTs N 1 Banjarnega melakukan kegiatan penataan ruang dengan mengedepankan lingkungan penghijauan. Disamping Madrasah sedang menuju program adiwiyata, penghijaun seperti ini bukan serta merta dilakukan oleh pihak guru saja, melainkan peserta didik juga dilibatkan demi mengetahui berbagai fungsi dan bagaimana cara menjaga lingkungan hidup.

Perlu diketahui bahwa, Hari Bumi Sedunia diperingati setiap tanggal 22 April. Hari Bumi sedunia diperingati untuk mengapresiasi lingkungan dan meningkatkan kesadaran publik tentang polusi. Tema kali ini dalam memperingati hari bumi di MTs N 1 Banjarnegara adalah “Pulihkan Bumi Kita”.

Tri Widayati selaku Guru IPA menyampaikan bahwa madrasah dalam memperingati hari bumi berfokus pada inovasi proses alami yang dapat memulihkan ekosistem dunia. “Semua masyarakat yang ada di bumi membutuhkan bumi yang sehat untuk mendukung pekerjaan, mata pencaharian, kesehatan dan kelangsungan hidup,” ucapnya pada Kamis (22/4).

Salah satu kegiatan antara lain, menjaga kelestarian lingkungan hidup mulai dari penataan ruang serta pemanfaatan ruang dengan cara menginovasi tempat menjadi lahan hidroponik. Sebab, menurut Tri Widayati bercocok tanam dengan metode hidroponik sedang menjadi tren selama masa pandemi.

“Kegiatan ini diharapkan bermanfaat buat siswa sebagai sarana edukasi untuk belajar merawat dan mencintai tanaman dan menyukai sayuran,” harapnya.

Dengan menggunakan lahan kosong disamping tempat ruang kelas, nyatanya dapat disulap menjadi tempat yang bermanfaat.  Salah satu sayuran yang ditanam saat ini seperti sawi. Dengan  kisaran waktu satu hingga tiga minggu, mereka bisa menikmati hasil panen dan dimanfaatkan bagi warga sekolah.

Bercocok tanam hidroponik dipilih karena beberapa alasan diantaranya karena cara bercocok tanam dengan media air ini lebih mudah dan bisa menghasilkan sayur sehat, serta tidak memerlukan banyak tempat.

Tidak hanya itu, menjaga taman sekolah agar menjadi indah untuk bisa dinikmati bagi para warga sekolah senantiasa dilakukan untuk menjaga keindahan taman tersebut. Salahsatunya menanam bunga-bunga cantik seperti Aglonema, Monstera, Philodendron Micans, serta masih banyak lagi. Tidak hanya itu, dengan menuliskan papan informasi di samping tanaman dapat memberikan informasi terkait kegunaan tanaman tersebut.

Dengan adanya peringatan Hari Bumi Sedunia Tahun 2021 ini diharapakan masyarakat Indonesia khususnya MTs N 1 Banjarnegara mampu meningkatkan kesadaran publik untuk menjaga lingkungan yang ada di bumi. (risky/ak)