Sosialisasi Teknik Penulisan Naskah USB melalui MGMP PAI

Sekolah adalah bentuk lembaga pendidikan formal yang memiliki tanggungjawab  untuk memberikan pengembangan potensi peserta didik. Pengembangkan potensi peserta didik pada sekolah diharapkan mengembangkan dan melaksanakan kurikulum dengan baik dan pengetahuan keagamaan yang cukup. Perlu sosialisasi dan persamaan persepsi sebagai upaya nyata dalam peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam PAI pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui Rapat Koordinasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP.

Rakor MGMP PAI SMP Kabupaten Banjarnegara terlaksana Senin (02/03) di Aula Kantor Kementerian Agama Banjarnegara. Kegiatan mensosialisasikan Teknik Pembuatan Naskah Soal  PAI pada Sekolah dan Bedah kisi-kisi Soal Ujian Sekolah Berstandar (USB) PAI tahun 2015. Mengundang peserta sebanyak 118 orang guru PAI SMP se-Kabupaten Banjarnegara.

Sebagai guru diharapkan sering bertemu untuk menyamakan persepsi terkait informasi terkini dan perkembangan dalam teknik pembelajaran secara priodik. Baik berupa sistem yang diterapkan oleh pemerintah maupun teknik pembelajaran dilapangan terkait dan terbaru. Hal itu disampaikan dalam pembukaan oleh Kepala Kantor Kemenag yang diwakili Kasubbag TU, Drs. H. Sukarno, MM.

Materi Sosialisasi dan Praktek

Arah dari kurikulum baru ini adalah peningkatan kompetensi yang seimbang antara sikap(attitude), ketrampilan (skill), dan pengetahuan (knowledge). Kompetensi  ini didukung 4 pilar yaitu : produktif, kreatif, inovatif, dan efektif.

Penyempurnaan  kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa. Akhiri pelaksanaan kurikulum perlu adanya evaluasi hasil pendidikan, dan untuk mapel PAI sudah ada Ujian Akhir Berstandar (USB) PAI yang sebelumnya berlabel USBN PAI.

Untuk mendapatkan evaluasi dan ujian dibutuhkan Naskah Soal sebagai medianya. Soal terlebih dahulu di buat kisi-kisinya sebagai acuran agar tidak keluar jalur serta terbentuk sesuai standar kompetensi materi yang diajarkan. Selain itu teknis pembuatan soal perlu sosialisakan kepada guru pembuat soal.

Narasumber Kasi PAI Kab. Banjarnegara, Sumarna menyampaikan materi meliputi teknik penulisan soal pilihan ganda, kaidah penulisan soal, perakitan soal. Selanjutnya membedah soal USB PAI 2014/2015 sekaligus sebagai latihan pembuatan soal USB PAI.

Hasil yang diperoleh berupa paket soal USB PAI SMP sebagai bahan latihan siswa di sekolah masing-masing.

Sumarna berharap, hasil yang didapat manfaatkan sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pencapaian kompetensi PAI dan standar kelulusan tahun pelajaran 2014/2015. (Nangim)