TIM OSN MAN 2 Banjarnegara Jadi Narasumber Rukyatul Hilal

Banjarnegara – Momen bulan Ramadan biasanya di tandai dengan peristiwa penting, yakni penentuan awal Ramadan dan penentuan Idul Fitri yang diketahui melalui ilmu Hisab dan Rukyatul Hilal.

Tim OSN Astronomi MAN 2 Banjarnegara yang terdiri dari pembimbing dan siswa MAN 2 Banjarnegara juga perwakilan dari Kemenag Kabupaten Banjarnegara menjadi narasumber dalam kegiatan bertema Pelatihan Hisab dan Rukyatul Hilal yang diadakan DPC Syarikat Islam Kab. Banjarnegara Ahad (05/5) di Gedung DPC SI Parakancanggah Banjarnegara mulai pukul 14.30 WIB. Pelatihan tersebut diikuti sekitar 30 peserta, dari unsur pengurus dan anggota  DPC SI Banjarnegara , serta jajaran Pemuda SI kab. Banjarnegara.

Tim OSN Astronomi MAN 2 Banjarnegara yakni Ida Haerani R bersama 4 siswa yakni Nurul Huda Ngainul Yakin( XI IPA 1), Sasti Murti Devi ( XI IPA 3), Goesfaris Kaismahazaka ( X IPA 1),  Afdila Raudlatun Ni'mah (X IPA 1) dan Pemateri Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara diwakili Heri Purnomo Kepala KUA Kalibening memberikan teori dan praktek di lapangan.

Materi awal berupa teori hisab dan rukyatul hilal disampaikan oleh Heri Purnomo, dilanjutkan pengenalan Alat Astronomi oleh TIM OSN Astronomi yaitu Teleskop yang di bawa langsung dari MAN 2 Banjarnegara. TIM OSN Astronomi menerangkan bagian-bagian teleskop serta cara penggunaaanya untuk melihat hilal dan menentukan koordinat titik hilal.

Praktek pengamatan hilal secara langsung mengambil lokasi depan Balai desa Jenggawur kecamatan Banjarmangu  Banjarnegara. Namun pengamatan belum bisa terlihat hilal, dikarenakan cuaca mendung dan hujan.

Ditempat terpisah, Kepala MAN 2 Banjarnegara Imam Sayoga mengucapkan terima kasih atas kesediaan DPC SI Banjarnegara yang telah mengundang TIM OSN Astronomi MAN 2 Banjarnegara sebagai narasumber. “Kegiatan ini merupakan bentuk penerapan  pembelajaran siswa sehingga siswa mampu mempraktekan teori yg di dapat dari proses pembelajaran di madrasah dan kegiatan ini ternyata baru pernah diadakan di kabupaten banjarnegara,”ungkapnya. (Agus/Nangim)