Banjarnegara – Kegiatan belajar mengajar dalam Kelas dapat dilaksanakan melalui berbagai metode maupun model Pembelajaran. Pelajaran Al Qur’an Hadis Kelas I (satu) banyak berkaitan dengan materi – materi Surah Pendek.
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, Guru Kelas I B di MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo yang biasa dikenal dengan MIMAU menggunakan metode bernyanyi untuk mempermudah pembelajaran Al Qur’an Hadis. Metode tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengenai kandungan suroh Al – Maun.
“Anak –anak usia dini khususnya kelas I masih suka bernyanyi, agar mereka dapat mengingat isi kandungan suroh Al Maun, maka metode mengajarnya saya gunakan dengan bernyanyi agar mereka bertambah semangat dan lebih antusias” Ujar Anisa Guru Kelas I B
Pembelajaran Rabu ini (28/3) pada jam ke 3, Al Qur’an Hadits tepatnya QS Al Ma’un. Metode Bernyanyi yang digunakan adalah Syair lagu balonku. Lagu tersebut diganti liriknya dengan isi kandungan suroh Al Maun. Adapun isi lagu tersebut meliputi urutan surah, arti surah, kota diturunkannya surah, serta segala hal yang berkaitan dengan surah Al Maun.
Annisa, Guru Kelas I B sangat berharap dengan menggunakan metode bernyanyi hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Al – Qur’an Hadis ini menjadi lebih baik dan nilainya meningkat pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) nanti.
“Besar harapaan saya dengan metode tersebut anak-anak nilainya semakin bagus dan meningkat. Terlebih mendekati PAT, jadi kita harus berusaha semaksimal mungkin dan bekerjasama dengan orang tua”. Ujar Anisa Guru Kelas I B
Wahyul (Kepala Madrasah MIMAU) sangat mendukung dan mengapresiasi kepada Guru- guru yang telah berusaha berinovasi dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Karena kalau pembelajaran dengan metode yang variatif / tidak monoton pasti anak – anak akan lebih semangat. (an/wk)