7 Siswa MA Nurul Hikmah Kalibening Ikuti Makesta IPNU-IPNNU

Banjarnegara – Sebanyak 7 siswa MA Nurul Hikmah Kalibening (MANH) mengikuti Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) IPNU-IPPNU tingkat kecamatan Kalibening. Kegiatan ini diadakan oleh Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kecamatan Kalibening pada hari Sabtu – Ahad (6-7/11/2021)..

Kegiatan dilaksanakan pukul 07.30 WIB sampai 23.30 WIB bertempat di Lingkungan Masjid Khoirul Huda Kalibening. Kegiatan ini merupakan kali pertama diadakan dengan tujuan pengkaderan dan penguatan karakter para Pelajar NU.

Kegiatan ini diawali dengan Registrasi peserta, Pembukaan, Tilawatil Qur’an, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya & Mars IPNU IPPNU, Ta’aruf dan Pembagian kelompok, Kontrak Belajar, Analisa Diri, Forum Grup Diskusi (FGD), ke-IPNU-IPPNU-an, Ice Breaking, Muqoddam, Ke-Organisasian dan Kepemimpinan

Arif Khairudin, selaku Panitia sekaligus alumni MANH menagatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengkader barisan Islam dan juga untuk menyatukan semangat juang Islam di Kecamatan Kalibening,

“Saya berharap suatu saat nanti akan ada Persatuan Organisasi Islam Kalibening, bukan saja oleh ketiga organisasi keagamaan tersebut namun juga yang lain yang sudah diakui oleh Kementerian Agama di Indonesia. Karena bertujuan untuk bersama-sama menjalin silaturahmi antar organisasi Islam, melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, dan membantu menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat,” terangnya.

Sementara itu Zainal Abidin pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa pentingnya menjaga persatuan umat Islam di kecamtan Kalibening. “Aswaja adalah salah satu bentuk akidah dan NU adalah sebagai wadahnya. Organisasi keagamaan di Indonesia ada banyak, NU, Muhammadiyah, SI, Jama’ah Tabligh, Salafy, dan sebagainya. Kalau di kecamtan Karangkobar ada NUMUSI POSAKA (NU Muhammadiyah SI Persatuan Organisasi Islam Karangkobar), di Kecamatan Kalibening ini belum, saya berharap nantinya juga akan terbentuk wadah yang menyatukan wadah perjuangan umat Islam di Kecamatan Kalibening,” terangnya.

Ada sekitar 150 peserta yang menghadiri MAKESTA ini, terdiri dari siswa MA, SMK dan SMA di Kecamatan Kalibening yang tergabung dalam IPNU. Diharapkan kegiatan ini akan rutin dilakukan minimal setahun sekali untuk terus memperkuat ukhuwah Islamiyah. (asg/ak)