Candi Arjuna Dieng Jadi Trending Topik lewat Siswa Madtsansa, Berikut Penjelasannya.

Banjarnegara – Baru-baru ini kawasan Dieng menjadi sorotan publik, tidak hanya keindahan yang terpancar lewat pesona alamnya, tetapi bagaimana peran masyarakat sekitar turut serta dalam melestarikan budaya maupun wisatanya. Rabu, (20/10/21) melalui tayangan Youtube Madtsansa, terlihat siswa memperlihatkan pesona wisata maupun cagar budaya yang ada di Dieng. Salah satunya Candi Arjuna.

Terbilang dalam 4 hari ini, views dari tayangan youtube yang di unggah melalui canel MTs N 1 Banjarnegara yang berjudul ‘Romansa Arunika Candi Arjun, Dieng Banjarnegara’ mencapai 2,512 ribu penonton. Sebagaimana diketahui, melalui tayangan tersebut merupakan sebuah ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Di mana Madtsansa ikut serta dalam ajang perlombaan tersebut.

Dalam tayangan youtube yang di unggah pada 19 Oktober 2021 tersebut dijelaskan bahwa ada kemegahan tersembunyi di balik kawasan Dieng Banjarnegara, salah satunya Candi Arjuna.

Selanjutnya, tayangan ini disampaikan oleh Zalvadina selaku host Madtsansa. kemudian ada juga Yusep Handoko sebagai narasumber yang juga seorang Kabid Destinasi Pariwisata Kab. Banjarnegara.

Melansir dari laman Wikipedia, Candi Arjuna merupakan salah satu bangunan candi di Kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Candi Arjuna diperkirakan sebagai candi tertua, candi ini diperkirakan dibangun pada abad 8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno. Di kompleks ini juga terdapat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

Sebuah kisah mengenai peradaban masa lampau. Melestarikan kearifan dan budi pekerti yang diturunkan dari generasi ke generasi. Dan saksi itu berada dalam kawasan Candi Arjuna. (ran/ak)