Demokrasi Ditengah Pandemi, Pemilihan Ketua OSIM MTsN 3 Banjarnegara

Banjarnegara – MTs Negeri 3 Banjarnegara menggelar pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) masa bakti 2021-2022 dengan sistem yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Di tengah maraknya kasus Covid-19 madrasah harus mengubah cara pemungutan suara yang biasanya dilakukan secara langsung di madrasah menjadi menggunakan media online melalui google form dan presentasi virtual. Meski dilakukan secara online namun kegiatan ini tidak mengurangi esensi dari nilai demokrasi. Hal ini terbukti dari antusias seluruh peserta didik, guru maupun karyawan madrasah. (5/4).

Adapun agenda pemilihan ketua OSIM MTs Negeri 3 Banjarnegara dimulai pada hari Sabtu (3/4) dengan di lakukanya pemaparan visi misi yang dibuka dengan sambutan oleh Waka Kesiswaan, Teguh Puji Wasono.

Dalam sambutanya Teguh Puji Wasono menyampaikan OSIM dibentuk oleh Madrasah sebagai satu bentuk organisasi siswa yang bertujuan untuk melatih siswa dalam berorganisasi.

“Selain itu Osim tentunya menciptakan kerukunan dan kerjasama yang baik antar siswa serta dalam rangka ikut membantu mewujudkan Madrasah sebagai sekolah yang berwawasan luas dengan berdasar pada visi dan misi madrasah yaitu Unggul Prestasi Berdasarkan Iman dan taqwa,” pungkasnya.

Selanjutnya masing-masing kandidat diberikan kesempatan untuk melakukan orasi dan menyampaikan visi misi secara virtual.

Kegiatan orasi tersebut dimulai dari kandidat ketua dan wakil OSIM pasangan nomor 1 yaitu Flora Naila Alfarizki dan Galih Naufal Fuadi. Dan dilanjutkan kandidat dari pasangan nomor 2 yaitu Hasbunalloh Sobri Al Muttaqi dan Aditiya Saputra

Adapun visi pasangan pertama adalah menjadikan siswa siswi yang aktif, inovatif, bertanggung jawab, dan tetap berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Sedangkan visi pasangan kedua adalah menjadikan pelajar yang peduli terhadap pengembangan kualitas sumber daya manusia di bidang kerohanian, pengabdian masyarakat, pelajar, dan perkembangan teknologi terkini

Puncak acara pemungutan dan perhitungan suara dilaksanakan hari Senin, 5 April 2021. “Total suara masuk 681 dan hasil akhir penghitungan suara mengukuhkan perolehan suara tertinggi pada kandidat nomor urut 1. Flora Naila Alfarizki dan Galih Naufal Fuadi, dengan jumlah suara 403 (59,2%), dan pasangan nomor urut 2. Hasbunalloh Sobri Al Muttaqi dan Aditiya Saputra dengan perolehan suara 278 (40,8%),” terang waka kesiswaan.

“Dengan demikian Flora Naila Alfarizki dan Galih Naufal Fuadi merupakan ketua dan wakil OSIM MTs Negeri 3 Banjarnegara masa bakti 2021-2022,” tandasnya. (ar/ak)