Sulitnya Medan Tidak Menyurutkan Semangat Penyuluh Islam Buka Majelis Taklim

Banjarnegara – Penyuluh Agama Islam pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Karangkobar, mengelar acara pengajian pembukaan Majelis Taklim Al-Barokah, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Adapun pengajian pembukaan majelis taklim ini bertempat di rumah ibu Wartini Dusun Gintung RT 05 RW 03 Desa Sampang kecamatan karangkobar. (01/04).

Turut hadir dalam pengajian pembukaan majlis taklim ini 2 penyuluh fungsional Siti Baroroh dan Duwi Rohmah, 4 Penyuluh Non PNS KUA kecamatan Karangkobar, serta dihadiri jamaah majelis taklim sekitar 27 orang.

Penyuluh Islam Non PNS KUA Kecamatan Karangkobar, Adib dalam sambutannya menyampaikan bahwa sudah menjadi tugas kami sebagai penyuluh agama islam untuk melakukan penyuluhan bimbingan keagamaan, penyuluhan pembangunan melalui bahasa agama kepada masyarakat.

“Kami sebagai Penyuluh Agama telah diamanati oleh Pemerintah lewat Kementerian Agama untuk membina masyarakat, agar tetap menjalankan agamanya dengan baik dan untuk mengarustamakan pandangan moderasi beragama kepada semua masyarakat,” terangnya.

Pengajian ini, selain digelar sebagai pembukaan majlis taklim juga acara selametan bulan ruwah/ syaban di Dusun Gintung. Dusun Gintung Desa Sampang ini sebenarnya lokasinya tidak jauh dari kecamatan Karangkobar, akan tetapi Dusun Gintung ini termasuk dalam kategori wilayah sulit, jalan desa yang tidak lebar dan juga tanjakan dan turunan yang curam juga jalan yang sudah rusak. Selain sulit karena di pegunungan disana masih ada babi hutan, terutama ketika sore hari dan berkabut, ataupun saat habis hujan dan mendung dan berkabut  babi hutan akan muncul.

Duwi Rohmah, penyuluh agama Islam fungsional KUA Kecamatan karangkobar menyampaikan, sebenarnya pembentukan majelis taklim di dusun Gintung ini adalah rencana satu tahun yang lalu tepatnya awal tahun 2020. Namun baru ditanggal 1 bulan April 2021 ini baru bisa terealisasi karena adanya wabah corona dan lain hal.

“Lebatnya hujan serta sulitnya medan tidak menyurutkan semangat penyuluh agama Islam KUA kecamatan Karangkobar dalam melaksanakan dakwah. Selain karena menjadi tugas dan tanggung jawab kami, karena membuka majlis taklim di dusun Gintung ini adalah rencana kami dari tahun lalu tepatnya tahun 2020,” tambahnya.

Acara ini,  selain digelar sebagai pembukaan majlis taklim juga acara selametan bulan ruwah/ syaban. Pengajian pembukaan ini ini diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan bangsa Indonesia. (dw/ak)