Guru Kelas VI MI NU 02 Situwangi Guling Di Masa Pandemi

Banjarnegara- Belum lama ini pemerintah melalui Mendikbud mengeluarkan SE No 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) namun pada tingkat madrasah khususnya masih akan dilaksanakan Ujian Madrasah yang tentunya harus dipersiapkan oleh peserta didik khususnya kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI).

MI NU 02 Situwangi Rakit Banjarnegara pada masa pandemi covid-19 ini menyelenggarakan layanan ‘guru keliling’ (guling) bagi siswa kelas VI. Kegiatan ini dilakukan karena kelas VI membutuhkan pembelajaran yang intensif dan sebagai alternatif pembelajaran daring masa pandemi yang terkendala peralatan dan jaringan.

Ismangil selaku kepala madrasah menyampaikan bahwa layanan guru keliling ini bertujuan agar peserta didik tetap terlayani dalam pembelajaran meskipun dengan kondisi pandemi dan keterbatasan peralatan belajar daring. Hal tersebut disampaikan di ruang kerja kamad Senin ini(9/3).

“Pembelajaran dengan guru keliling ini merupakan langkah yang tepat dalam mengatasi keterbatasan wali murid yang tidak mampu memenuhi kualitas belajar daring,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Khusosi, selaku guru kelas VI saat ditemui di salah satu rumah siswa mengatakan bahwa harus ada alternatif pembelajaran yang tepat pada masa pandemi mengingat keterbatasan sarana prasarana sehingga inilah yang kami lakukan.

Khusosi menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan keliling dilakukan terjadwal dengan cara mendatangi rumah siswa satu persatu untuk melakukan pembelajaran. “Kegiatan ini dilakukan guru tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan,” pungkasnya( rw/mnh).