Sambut Hari Jadi ke 43, MTsN 1 Banjarnegara Adakan IQRA FEST 2021

Banjarnegara – MTs Negeri 1 Banjarnegara menggelar kegiatan IQRA FEST 2021 untuk menyemarakkan hari jadi ke-43 tahun yang akan jatuh pada tanggal 16 Maret 2021. Sebagai Mardrasah Tsanawiyah Negeri tertua di Banjarnegara, MTs Negeri 1 Banjarnegara telah melahirkan banyak prestasi dan alumni-alumni yang berhasil menjadi tokoh penting di masyarakat.

H. Moh. Zaenal selaku kepala Madrasah menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah kali pertama bagi MTs Negeri 1 Banjarnegara. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi media yang efektif untuk mensosialisakan program-program kelas unggulan MTs Negeri 1 Banjarnegara,” jelasnya pada Selasa sore (9/3)

Rangkaian IQRA FEST 2021 diawali dengan kegiatan perlombaan virtual bagi siswa-siswa SD/MI yaitu Lomba Tilawah, Menyanyi Solo dan Membaca Puisi. Peserta lomba cukup membuat video dan mengirimkannya pada panitia. Kegiatan kedua dari IQRA FEST 2021 adalah Workshop Pengenalan Penelitian dan Karya Tulis Ilmiah yang menghadirkan Narasumber dosen dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang juga alumni MTs Negeri 1 Banjarnegara, Asep Purwo Yudi Utomo, S.Pd, M.Pd.

Dalam pekan yang sama kegiatan berikutnya adalah Pelatihan Kelas Tahfidzul Qur’an bagi guru-guru PAI SD/MI di Kabupaten Banjarnegara dengan mengundang narasumber Ustadz Abu Hurri Al Qosimi Al-Hafidz dari Klaten.

Menurut Dwi Lina Rahmawati selaku wakil kepala urusan Humas MTsN 1 Banjarnegara, bahwa kegiatan IQRA FEST 2021 adalah salah satu bentuk pengejawantahan dari Visi dan Misi Madrasah yaitu Terwujudnya Generasi Islami, Cerdas dan Peduli. “Bukan hanya prestasi yang menjadi konsentrasi, menjadi madrasah peduli dalam berbagai aspek kehidupan, mencerdaskan bangsa dan ikut berkontrubusi untuk kemajuan Banjarnegara ada fokus yang akan terus kami jalankan,” jelasnya

Pada pekan kedua bulan Maret kegiatan IQRA FEST 2021 adalah MTs 1 Berbagi. Kegiatan sosial ini didukung oleh seluruh keluarga besar MTs Negeri 1 Banjarnegara dengan mengumpulkan sembako yang akan dibagikan kepada para penjaga SD/MI di Kabupaten Banjarnegara.

Puncak acara dari IQRA FEST 2021 adalah Tasyakuran dan Doa Bersama yang akan diselenggarakan pada hari Selasa, 16 Maret 2021 di aula MTs 1 Banjarnegara.

Rosikhun selaku pengurus komite MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan harapannya bahwa dengan semakin meluasnya informasi program unggulan MTs Negeri 1 Banjarnegara terutama kelas Tahfidz akan semakin banyak orang tua yang mempercayakan pendidikan bagi putra-putrinya pada MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Mewujudkan MTs 1 yang Mendunia dengan berpedoman pada Al-Qur’an dan menjunjung tinggi kejujuran adalah hal utama yang ditanamkan pada semua warga MTs 1. Bukan dengan melegalkan segala cara dalam mencipta jawara, melainkan memaksimalkan segala usaha disertai doa yang  senantiasa hanya mengharap rida dari Allah Swt. (Linara/ak)