IGRA Kecamatan Pagedongan Gelar Literasi Digital Untuk Guru

Banjarnegara – Ikatan Guru Raudlatul Athfal (IGRA) Kecamatan Pagedongan menggelar Literasi Digital. Kegiatan dilaksanakan Senin, (8/11/2021) di aula Pendais Pagedongan dan diikuti semua kepala dan guru pada jenjang RA. Pengawas RA/MI kecamatan Pagedongan, Anwar Masruro, hadir sebagai pemateri. Dengan memahami Literasi Digital diharapkan guru mahir juga bijak dalam menggunakan sosial media /internet.

Ketua IGRA kecamatan Pagedongan, Mugi Puji Lestari, dalam sambutannya mengharapkan peserta yang hadir agar mengikuti materi dengan seksama sehingga mudah beradaptasi dalam pembelajaran maupun laporan online. “Era digital berimbas pada pembelajaran maupun pelaporan onlinemaka kita perlu beradaptasi,” ujarnya.

Pada penyampaian materi, Anwar memaparkan agar guru dapat bertahan di era industry 4.0 maka harus menguasai tiga hal.

“Pertama penguasaan literasi digital dimana kita harus mahir dan bijak dalam bersosial media, sebagaimana dikethui bahwa jejak digital itu sulit dihapus, oleh karenanya sebagai guru wajib untuk bijak bermedia sosial, jangan sampai siswa-siswa mengatahui postingan yang kurang mendidik dari seorang guru,” ucapanya.

“Kedua seorang guru harus adaptasi dengan kecepatan informasi, seorang guru harus cepat dalam mendapatkan informsi, apalagi diera keterbukaan seperti ini, orang yang lama dalam pemerolehan informasi akan jauh tertinggal. dan ketiga terus menerus berinovatif dalam pembelajaran,” imbuhnya

Salah satu peserta, Harfinjiyah, menyampaikan kesannya. “Kita sebagai guru RA terus belajar agar menjadi pelopor yang santun dan bijak dalam menggunakan social media,” katanya. (am/ak)