Banjarnegara – Kepala Madrasah monitoring gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilaksanakan di laboratorium komputer Matsaka (MTs Ma’arif NU 01 Susukan). Pelaksanaan ANBK di Matsaka dilaksanakan pada gelombang kedua (2) yaitu pada Rabu-Kamis, tanggal 14-15 September 2022 berjalan dengan lancar dan tertib. Sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud. Gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMP/MTs dilaksanakan pada tanggal 12-15 September 2022. Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP/MTs dilaksanakan pada tanggal 19-22 September 2022.
Matsaka melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2022 secara semi online (mandiri). Gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) diikuti sebanyak 40 siswa dan 5 orang siswa cadangan jadi total ada 45 yang mengikuti gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Matsaka. Siswa yang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tampak serius dan seksama.tidak hanya siswa orang tua walipun sangat antusias untuk mendukung atas suksesnya gladi bersih ANBK ataupun nanti dalam pelaksanaanya di tanggal 19-22 september 2022. Pelaksanaan gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini langsung di monitoring oleh Kepala Madrasah.
Pak Yanuar Ika Gunawan sebagai Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum mengatakan, “Alhamdulillah pelaksanaan gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Matsaka berlangsung dengan lancar mulai dari komputer dan jaringan semuanya aman terkendali dan siswa juga tertib saat mengerjakan soal-soal,” katanya.
“Gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) dilaksanakan untuk memantapkan siswa yang akan melaksanakan ujian yang sesungguhnya. Semoga saat Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mendapatkan nilai yang maksimal,” Tutur Kepala Madrasah Pak Muchamad Nur Imam Fathoni.
Secara umum, ANBK adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah. Mulai dari tingkatan SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA sederajat. Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. (nth)