MAN 1 Banjarnegara Hidupkan Semangat Ramadhan dengan Seni Kaligrafi Islam

Banjarnegara – Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) bersama dengan Ekstrakurikuler ROHIS  MAN 1 Banjarnegara bekerjasama melaksanakan festifal Ramadhan tahun ini, salah satunya dengan perlombaan membuat kaligrafi (19/4). Kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan kelas X dan XI sebagai pesertanya.

Kaligrafi Arab atau dalam bahasa Arab disebut dengan Khat Araby merupakan sebuah seni menulis indah tulisan Arab yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia pada umumnya, kaligrafi Arab sangat berkaitan dengan ajaran Islam, mengingat apa yang ditulis pastilah ayat al-Quran, sunah maupun kata mutiara dalam bahasa Arab.

Zia Khusnul Fauzi Akhamad selaku panitia menyampaikan tentang pentingnya menghidupkan Seni Kaligrafi Islam dikalangan siswa-siswi MAN 1 Banjarnegara. “Dengan perlombaan seni kaligrafi ini, diharapkan siswa-siswi lebih menaruh perhatian terhadap seni Islam, khususnya kaligrafi, disamping itu perlombaan kaligrafi juga belum pernah diadakan di MAN 1 Banjarnegara,” Ungkapnya.

Kegiatan perlombaan kaligrafi tersebut berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti, dan disambut dengan antusias oleh peserta.

“Saya sangat senang mengikuti perlombaan ini, meskipun hasil yang saya peroleh masih jauh dari yang saya harapkan, di sini saya bisa melatih sportifitas serta mengisi kegiatan ramadan tahun ini dengan hal yang positif dan bermanfaat,” Ungkap Nurhayati salah satu peserta dari perlombaan kaligrafi tersebut.

Hasil dari perlombaan ini akan dipilih beberapa karya terbaik dengan melibatkan guru yang berkompeten pada bidang seni dan kaligrafi, serta para juara akan diberikan reward sebagai apresiasi dari karya yang dihasilkan. (lan/ak)