MAN 2 Banjarnegara Sabet Peringkat Harapan 1 Penerima Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional 2021

Banjarnegara – MAN 2 Banjarnegara terus menorehkan prestasi di berbagai bidang tidak hanya di bidang akademik maupun nonakademik peserta didiknya saja, tapi juga madrasah sebagai sebuah lembaga. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Peringkat Harapan 1 Penerima Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah Tingkat Nasional 2021.

“Alhamdulillah, prestasi-prestasi terus mengalir tanpa henti di bulan Oktober yang sedang kita rayakan sebagai Hari Ulang Tahun MAN 2 Banjarnegara. Tentu saja kami berterima kasih kepada semua pihak yang sudah luar biasa bekerja keras untuk sampai di peringkat ini. Apalagi hanya ada dua madrasah se-Indonesia yang mampu masuk sepuluh besar dan salah satunya adalah MAN 2 Banjarnegara,” terang Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah, (11/10).

Ajang Penghargaan Wajah Bahasa merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah penilaian terhadap penampakan atau penampilan kebahasaan yang ada di sekolah. Sekolah sebagai representasi ruang publik sudah seharusnya menjadi salah instansi yang menerapkan Tri Gatra Bangun Bahasa yaitu utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing.

MAN 2 Banjarnegara sendiri sudah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi penilaian tahap akhir sejak ditetapkan menjadi salah satu nomine penerima penghargaan sejak tanggal 23 Juli 2021 lalu.

Imam Heri Purnomo selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas menyampaikan rasa syukur atas capaian ini. Pihaknya merasa berbagai usaha yang sudah dilakukan tidak berakhir sia-sia.  “Kemarin, kita memang berusaha melakukan persiapan semaksimal mungkin. Beberapa masukan dan hasil penilaian tingkat provinsi dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah kita jadikan acuan untuk perbaikan beberapa hal yang memang sekiranya perlu,” ungkapnya.

Melalui prestasi ini, MAN 2 Banjarnegara yang mengusung jargon “Madrasahnya para Juara” tampaknya semakin berusaha membuktikan jika jargon tersebut bukan hanya sekedar ucapan belaka. (ta/ak)