Berprestasi, Siswi MIM Semampir Masuk Babak Final Lomba Dokter Cilik Tingkat Kabupaten

Banjarnegara – Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara bersama Dinas Pendidikan mengadakan Lomba Dokter Kecil (Dokcil) dan Kader Kesehatan Remaja (KKR) tingkat Kabupaten Banjarnegara. Peserta Dokter Kecil dari jenjeng SD/MI mulai kelas 4, dan untuk Kader Kesehatan Remaja ( KKR ) siswa dari SLTP. Proses lomba diadakan secara bertahap,d imulai dari seleksi tingkat Kecamatan dan pemenang diambil 6 besar untuk maju ke final di Tingkat Kabupaten Banjarnegara.

Pelaksanaan seleksi kecamatan Banjarnegara, dibagi menjadi 2 tahap, yaitu seleksi antar peserta dari MI Kecamatan Banjarnegara. Pemenang diambil dua yaitu 1 peserta Putra dan 1 peserta Putri. Pelaksanaan seleksi antar siswa MI dilaksanakan pada Tanggal 28 September 2021 bertempat di MIM Karangtengah. Materi lomba adalah Presentasi dengan tema Stunting untuk peserta putri dan tema covid 19 untuk peserta putra. Lomba dimenangkan oleh MIM Semampir baik Putra maupun Putrinya, Atas nama Anasya Putri Okta Lita dan Hamam.

Selanjutnya seleksi berikutnya adalah seleksi antar siswa SD dan Siswa MI, seleksi dilaksanakan di Puskesmas 1 Banjarnegara pada tanggal 03 Oktober 2021. Peserta putra berasal dari SD Muhammadiyah 4 Banjarnegara, dan  dari MIM Semampir. Peserta putri dari SD Krandegan 4 Banjarnegara dan MIM Semampir. Materi yang dilombakan adalah Presentasi dengan waktu 6 menit, Membuat Karya tulis dan menuliskanya dalam waktu 30 menit. dan mengerjakan soal Pilgan 50 dengan waktu 30 menit. Pemenangnya adalah Putri dari MIM Semampir dan pemenang Putra dari SD Muhammadiyah 4 Banjarnegara.

Pelaksanaan seleksi Tingkat Kabupaten dilaksanakan secara daring pada tanggal 11 Oktober 2021, diikuti oleh 40 peserta. Materi yang dilombakan Pembuatan Video Presentasi,Video Unjuk kerja, Mengerjakan soal pilgan dan menulis Karya Tulis. Untuk Kecamatan Banjarnegara dilaksanakan di Puskesmas 1 Banjarnegara. Diikuti satu peserta Putri atas nama Anasya Putri Okta Lita dan Peserta Putra atas nama Ahdan. Dalam acara pembukaan Lomba Dokcil, Bupati Banjarnegara H.Syamsudin, menyampaikan dengan adanya Program dokcil ini diharapkan Madrasah/Sekolah dasar dapat meningkatkan budaya hidup sehat.

“Budaya sehat dan bersih bisa terlaksana dengan baik dengan program Dokcil ini. Saya juga meminta pembina UKS sebagai motor penggerak kegiatan Dokcil,” ucapnya.

Tujuan dari lomba Dokcil ini seperti yang disampaikan oleh kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, dr. Latifa Hesti Purwaningtyas adalah memotifasi pendidik dan Pembina UKS untuk melaksanakan program Dokcil

Khusnul Hidayati pembimbing lomba Dokcil dari MIM Semampir merasa bangga dan bahagia karena Anasya putri Okta Lita siswi MIM Semampir dapat membawa nama baik Madrasah sekaligus Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

“Dengan maju kebabak final lomba DOKCIL Tahun Pelajran 2021/2022. Semoga hal ini dapat memotivasi siswa yang lain juga Guru MIM Semampir Untuk lebih giat dan semangat dalam mewujudkan MIM Semampir sebagai Madrasah yang Hebat dan Bermartabat,” pungkasnya. (kh/ak)