Penyuluh Agama Islam Pandanarum Adakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah

Banjarnegara – Penyuluh agama Islam Non PNS Kec. Pandanarum mengadakan kegiatan Pemulasaraan Jenazah yang bertempat di Masjid As-Sholihun, dusun Bantengan, desa Sirongge Kec. Pandanarum. (17/2)

ketua Penyuluh Agama Islam Non-PNS, Sudarno menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan  yaitu untuk mendidik masyarakat dan memperkenalkan keberadaan penyuluh.

“Kegiatan ini rencananya akan di lakukan setiap bulannya di Kecamatan Pandanarum pada setiap desa yang berbeda-beda tujuannya untuk mendidik masyarakat tentang tata cara menghormati jenazah serta memperkenalkan keberadaan Penyuluh Agama Islam Non-PNS kepada masyarakat,” ucapnya

Kegiatan ini di ikuti oleh 8 Penyuluh Agama Islam Non-PNS, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Pandanarum, Pengurus Takmir Masjid As-Sholihun serta ibu-ibu Majelis Taklim Al-Ikhlas.

Takmir Masjid, Dahyo menjelaskan masyarakat sangat antusias ketika diberitahu akan ada kegiatan pemulasaraan jenazah karena dapat menambah wawasan pengetahuan untuk ibu-ibu majelis taklim terutama dalam hal mengkafani jenazah. Selama ini urusan memandikan jenazah dilakukan oleh ibu-ibu sementara mengkafani dilakukan oleh bapak-bapak.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, semoga ke depannya kami bisa mempraktikkan pemulasaraan jenazah laki-laki di urus laki-laki dan sebaliknya sesuai dengan syariat Islam,” ujarnya

Ketua Majelis Ta’lim Al-Ikhlas, Wuryanti menambahkan, “masyarakat sangat puas dengan diadakannya kegiatan ini, karena selain menambah wawasan kami juga menjadi tidak takut untuk melakukan pemulasaraan jenazah karena pada waktunya nanti semua yang hidup akan mati.”

Dan yang terakhir Kepala KUA, Mohamad Dzulfikar menambahkan harapannya untuk kegiatan ini agar benar-benar dilaksanakan agar seluruh masyarakat Pandanarum khususnya memiliki standar yang sama dalam pemulasaraan jenazah. (ak)

Bagikan :
Translate »