Persembahan Medali Madtsansa di Hari Kesaktian Pancasila

Banjarnegara – Olimpiade Bahasa Indonesia (OBI) yang diikuti siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Minggu, 19 September 2021 membuahkan hasil. Buah manis ini didapat bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021.

Hibatul Banin Arkan, siswa kelas 8C MTs Negeri 1 Banjarnegara merupakan peserta OBI. Putra dari Bapak Sunaryo dan Ibu Farida Haryani ini berhasil mempersembahkan medali perunggu di kompetisi OBI ini. OBI merupakan kompetisi bahasa Indonesia tingkat nasional yang diadakan oleh Lembaga Kompetisi Indonesia. Pelaksanaan OBI ini menggunakan sistem CBT dengan level nasional. OBI ini memberi manfaat kepada para peserta yaitu sebagai evaluasi kemampuan yang dimiliki siswa khususnya pelajaran bahasa Indonesia.  

Olimpiade Bahasa Indonesia suskses dilaksanakan pada 25-26 September 2021. OBI dilaksanakan secara daring karena masih dalam kondisi pandemi. Meskipun dilaksanakan secara daring, tidak menyusutkan semangat para peserta khususnya dari MTs Negeri 1 Banjarnegara. Peserta dari MTs Negeri 1 Banjarnegara ini berjumlah empat siswa, tiga perempuan dan satu laki-laki. Dari empat peserta ini, satu perwakilan dari MTs Negeri 1 Banjarnegara berhasil memperoleh medali perunggu dengan skor 251 dengan kategori nilai B.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa mendapat medali perunggu. Karena ini adalah kompetisi pertama saya di bahasa Indonesia saya cukup terkejut juga ternyata saya bisa mendapat hasil yang cukup memuaskan,” ujar Arkan.

Soal yang diujikan di OBI merupakan soal bahasa Indonesia dengan tingkatan HOTS (Higher Order Thinking Skill). HOTS ini merupakan jenis soal yang dalam pengerjaannya memerlukan kemampuan analisis tinggi. Dengan bimbingan dari Rizki Nurfarida, guru bahasa Indonesia MTs Negeri 1 Banjarnegara, peserta OBI dari MTs Negeri 1 Banjarnegara ini dibekali dengan latihan-latihan soal yang tingkat analisisnya tinggi.

“Dalam proses bimbingan, anak-anak saya sajikan soal yang memiliki tingkat analisis tinggi supaya mereka terbiasa menikmati soal yang sulit,” tutur Rizki Nurfarida.

Perolehan medali di ajang tingkat nasional ini tentu mendapat apresiasi baik dari madrasah. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya ucapan syukur dari Bapak/Ibu guru dan karyawan MTs Negeri 1 Banjarnegara. Eko Widodo, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan bahwa perolehan medali ini bisa dijadikan motivasi bagi para pembimbing dan siswa-siswi MTs Negeri 1 Banjarnegara.  

Dengan capaian ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi siswa-siswa lain untuk bisa mendapat hasil yang lebih baik lagi khususnya kompetisi bidang bahasa Indonesia. Kepada peserta yang sudah mendapatkan medali diharapakan untuk tidak cepat puas dengan hasil yang sudah didapatkan, malah itu bisa menjadi motivasi untuk mempertahankan bahkan berusaha lebih giat lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. (ak)