Puncak Bulan Bahasa 2021, MAN 2 Banjarnegara Raih Penghargaan Wajah Bahasa Sekolah

Banjarnegara – “Madrasahnya para Juara” kembali dibuktikan oleh MAN 2 Banjarnegara setelah namanya disebutkan dalam sederet sekolah yang menjadi Penerima Penghargaan Wajah  Bahasa Sekolah Tingkat Nasional 2021 pada acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra, (28/10). Acara yang digelar oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Republik Indonesia tersebut disiarkan langsung melalui kanal Youtube Badan Bahasa.

Ada beberapa acara yang disuguhkan dalam kegiatan dengan tema “Berbahasa Sehat, Indonesia Tangguh” ini, mulai dari cuplikan penampilan tari, musik, salam dalam berbagai bahasa dari provinsi yang ada di Indonesia oleh para Duta Bahasa, penampilan baca puisi, pembacaan pemenang berbagai lomba yang berkaitan dengan bahasa, dan beberapa kegiatan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut ditampilkan juga berbagai rangkaian kegiatan dalam rangka merayakan kegiatan Bulan Bahasa meskipun di tengah Pandemi Covid-19.

Dalam kata penutupnya, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk mencintai dan mengembangkan bahasa Indonesia sebagai indetitas kebangsaan. “Mari menjadi Pelajar Pancasila yang mencintai Indonesia dan menghargai keberagaman untuk mewujudkan merdeka belajar,” ungkapnya.

Ada sepuluh sekolah yang disebutkan dan MAN 2 Banjarnegara mendapat peringkat Harapan I. Perlu diketahui jika rangkaian persiapan kegiatan Wajah Bahasa Sekolah di MAN 2 Banjarnegara sudah dilakukan sejak 23 Juli 2021 lalu setelah madrasah ditetapkan menjadi salah satu nomine penerima penghargaan Wajah Bahasa  Sekolah.

Ridlo Pramono yang dihubungi via WhatsApp karena sedang dalam perjalanan dinas ke Yogyakarta menyampaikan rasa bangga dan berterima kasih kepada seluruh warga madrasah yang sudah bekerja keras untuk meraih penghargaan ini.

“Alhamdulillah, barusan saya menyaksikan live streaming pengumuman pemenang. Terima kasih kepada seluruh keluarga besar madrasah yang sudah bekerja keras untuk meraih prestasi ini,” tuturnya. Ridlo juga menambahkan prestasi ini melengkapi prestasi yang baru saja diraih kemarin di tingkat provinsi. “Penghargaan Wajah Bahasa tingkat Nasional ini menjadi lengkap setelah kami kemarin baru saja mendapatkan Penghargaan Prasidatama dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah. Mohon doanya semoga kami dapat mempertahankannya bahkan bisa lebih lagi tahun depan,” harapnya. (ta/ak)