Antusiasme Siswa MI Ikuti Lomba IPA Di MTs Negeri 1 Banjarnegara

Banjarnegara – Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-93, MTs Negeri 1 Banjarnegara mengadakan lomba akademik mata pelajaran IPA untuk siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten Banjarnegara. (18/10)

Sebanyak 36 siswa MI antusias mengikuti lomba ini. Dengan didampingi oleh guru pembimbing, mereka telah siap berada di lokasi lomba pukul 07.00 WIB dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Meskipun peserta datang langusung ke MTs Negeri 1 Banjarnegara, namun pelaksanaan lomba adalah berbasis android, siswa mengerjakan melalui aplikasi google form. Langkah ini diambil agar memudahkan pengawasan dan mengantisipasi kendala teknis, serta memudahkan dan mempercepat panitia dalam menentukan juara.

Soal yang harus dikerjakan peserta berjumlah 50 butir, dengan komposisi 25 soal fisika dan 25 soal biologi, dengan waktu pengerjaan 120 menit dimulai pukul 08.30 WIB. Materi yang dilombakan mengacu pada silabus Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

Menurut Tri Widayati selaku koordinator lomba mata pelajaran IPA, tipe soal yang dibuat mengacu tipe soal KSM. Beberapa soal juga terintegrasi dengan mata pelajaran agama.

“Soal yang kami buat adalah soal yang tergolong Higher Order Thinking Skills (HOTS). Soal HOTS tidak selalu soal sulit, tapi soal yang mudah namun hanya butuh pemahaman dan ketelitian saja,” jelasnya.

Dewandaru Bhakti Negara, salah satu peserta lomba menceritakan bahwa menurutnya, ada beberapa soal yang dengan mudah dikerjakannya, namun ada juga yang susah. Materi yang dilombakan juga ada yang pas dengan yang ia pelajari, namun ada juga beberapa yang belum sempat dipelajari.

“Saya belajar untuk mempersiapkan lomba ini kurang lebih empat hari. Meskipun tergolong singkat, saya berusaha semaksimal mungkin agar dapat meraih juara,” ungkapnya setelah selesai mengerjakan soal.

Peserta yang berhasil mendapatkan juara satu, dua, dan tiga berturut-turut adalah Hanafi Irsyad Fatih (MI Al Fatah Parakancanggah), Shifa Angelina Setiawan (MI Muhammadiyah 1 Blambangan), dan Pryzada Yeshaya Yumna Ekoru (MI Ma’arif Al Falah Joyokusumo). Selain diambil tiga peringkat teratas, panitia juga memberikan penghargaan honourable kepada peserta yang menduduki peringkat empat sampai dengan sepuluh. (nov/ak)