Asah Kreativitas Di Masa Pandemi, Siswa Diajak Menggambar Bebas

Banjarnegara – Beragam cara yang dilakukan oleh guru untuk mengasah kreativitas siswa dalam pembelajaran daring. Seperti yang dilakukan oleh guru Darul Atfal Cokroaminoto (DAC) Sijeruk Kecamatan Banjarmangu, Iwahyuni, Kamis ini(8/4). Ia mengajak siswanya untuk menggambar bebas. Bagi siswa level DA menggambar bebas menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan.

Iwahyuni menjelaskan menggambar bebas banyak sekali manfaatnya diantarnya melatih motorik halus siswa karena siswa di tuntut untuk memainkan jari – jemarinya dalam menggunakan alat tulis yang tepat untuk membuat goretan yang dapat membentuk sebuah gambar.

“Kegiatan menggambar bebas akan menuntut siswa berfikir kreatif ketika berimajinasi menciptakan gambar serta dapat meningkatkan daya ingat, “ jelasnya.

Manfaat lain yang didapat dari kegiatan ini adalah dapat melatih kesabaran siswa, siswa akan berlatih sabar dalam membuat gambar sebelum mewarnainya. Mengambar dan mewarnainya juga  meningkatkan kesabaran siswa sehingga ia dapat menyelesaikan gambar dengan indah, tambahnya.

Salah satu wali siswa DAC Sijeruk, Suliyah mengatakan setuju dengan hal ini, bahwa kegiatan menggambar bebas menjadi menyenangkan dan mengasyikkan anaknya.

“Meskipun anak saya belum mampu menggambar dengan bagus dan rapi tapi saya sangat senang bisa melihat anak saya mampu menggambar sesuai dengan imajinasinya’ “ katanya.

Dari kegiatan belajar secara daring ini, menyadarkan  kedekatan anak dan orangtua sangat di butuhkan. Apalagi dalam mendampingi anak belajar menyelesaikan tugas sangat butuh kesabaran untuk menghadapi anak.  “Dengan belajar di rumah saya jadi sadar ternyata cukup berat tugas seorang guru dalam mendidik anak karena butuh sekali kesabaran, “ ungkapnya. (Sph/mnh)