Buat Telur Asin, Siswa-siswi Kelas IX MTs Negeri 1 Banjarnegara Antusias Laksanakan Ujian Praktik Prakarya

Banjarnegara–Standar Operasional Prosedur (SOP) Asasmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023 berdasar SK Dirjen Pendis Nomor 901 Tahun 2023 menerangkan bahwa bentuk Ujian Madrasah pada jenjang MTs dapat berupa portofolio, penugasan, praktik, tes tertulis dan/atau bentuk lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Bentuk-bentuk ujian tersebut dapat dipilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk. MTs Negeri 1 Banjarnegara memilih menggabungkan 2 bentuk ujian yaitu praktik dan tes tertulis. Dan salah satu mata pelajaran yang menyelenggarakan ujian praktik adalah Prakarya.

Ujian praktik mapel Prakarya dilaksanakan selama 3 hari dan dimulai sejak hari Senin hingga Rabu (3/4-5/4). Bertempat di lapangan bulutangkis Madtsansa, ujian praktik Prakarya menjadwalkan peserta ujian sebanyak 3 kelas setiap harinya.

Tri Rochani, Siti Masruroh dan Asih Wijayanti  selaku penguji praktik mapel Prakarya bersinergi memberikan penilaian indikator-indikator penilaian dalam praktik membuat telur  asin.

Menurut Tri Rochani, guru Prakarya senior  kelas 9 Madtsansa ini menyampaikan bahwa ujian praktik ini akan benar-benar mengukur kemampuan siswa dalam praktik membuat telur asin.

“Selain menilai hasil pembuatan telur asin, kami juga menilai kelengkapan bahan serta kerjasama tim dalam kelompoknya, dengan harapan dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam membuat produk yang mana hal ini dapat terus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.” ungkapnya sembari mengamati penilaian.

Siti Masruroh menambahkan bahwa kemampuan siswa dalam membuat telur asin ini tentunya dapat menjadi bekal berwirausaha anak-anak.

“Dengan mampu membuat telur asin ini, harapannya anak anak akan dapat mempraktikkan terus di rumah bahkan bisa menjadi ladang usaha suatu saat nanti karena sudah mengetahui langkah-langkah mudah dalam pembuatan telur asin,” tuturnya.

Yuniati selaku wakil kepala urusan kurikulum menyampaikan harapannya agar ujian praktik dan rangkaian Asesmen Madrasah MTs Negeri 1 Banjarnegara dapat berjalan dengan lancar.

“Pelaksanaan ujian praktik ini sudah diatur sedemikian rupa, agar dapat diikuti oleh seluruh siswa kelas IX dengan baik. Semoga anak-anak pun bersemangat dan dapat melaksanakan ujian dengan seluruh kemampuan mereka,” pungkasnya. (lin/ak)