DWP Banjarnegara Ikuti Webinar Nasional Parenting DWP Kemenag RI

Banjarnegara – Istri Menag RI, Hj. Eny Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi terhadap kegiatan DWP pusat yang tidak pernah kenal lelah dan optimisme untuk menimba ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pendidikan pola asuh anak dimasa pendemi. Hal tersebut disampaikan saat kegiatan Webinar DWP Kemenag Pusat via daring Rabu ini (03/3).

Kegiatan ini diikuti 610 DWP, terdiri dari DWP Kankemenag RI, DWP Perguruan Tinggi Negeri dan DWP Kabupaten/Kota se-Indonesia. DWP Kemenag Kabupaten Banjarnegara mengikut sertakan 10 orang anggota DPW kabupaten, mengambil tempat Ruang Perpustakaan Masjid Al Ikhlas Kantor.

“Komunikasi orang tua dan anak sangatlah penting karena ketidakmampuan dalam berkomunukasi bisa mengakibatkan gagalnya tumbuh kembang anak secara sempurna,” ungkapnya.

Sementara ketua DWP kemenag RI Hj Farichah Nizar Ali menyampaikan kegiatan Webinar Nasional kali ini sangat tepat mengangkat tema parenting tentang pola membangun komunikasi efektif dan menyenangkan antara orangtua dan anak.

Tema Parenting yang disampaikan oleh Hj Ely Risman, Psycholog UI dari Aceh menyatakan bahwa mengajarkan kepada ibu-ibu tentang bagaimana membangun komunikasi dengan anak. Komunikasi yang baik akan sangat mempengaruhi perkembangan anak baik fisik maupun mentalnya,

“Komunikasi yang baik antara orang tua dan anak merupakan dasar dalam membangun kepercayaan diri anak membangun konsep diri yang positif serta membangun harga diri pada anak,” ucapnya.

Diakhir pernyataannya, Risma memberikan statement bahwa ketika mau membangun generasi yang berkualitas kita harus belajar dan bekerja keras menginspirasi juara dunia Lempar palu, yang mana ‘dia’ berusaha sekeras mungkin sampai berputar putar untuk melempar sampai titik tujuan yang diinginkan. Artinya ketika kita menginginkan anak-anak kita baik diawali dari diri kita lingkungan kita dan anak kita sendiri untuk saman-saman membangun komunikasi damai dan menyenangkan, pungkasnya. (SM/Mnh)