Guru Qurdis Bagikan Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

Banjarnegara – Ramadhan 1442 H insyaAllah jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021. Banyak yang sudah persiapkan diri untuk menyambutnya. Selain puasa dan ibadah lainnya, amalan yang utama di bulan Ramadhan adalah tadarus Al Qur’an. Tadarus yang rutin bisa dijadikan sebagai target khatam Al Qur’an di bulan Ramadhan. Guru mata pelajaran Al Qur’an Hadis dalam bincangnya dengan rekan sesama guru bagikan tips agar bisa khatam Al Qur’an di bulan Ramadhan. Jum’at (9/4) di ruang kantor guru.

Sri Wuryani selaku guru Al Qur’an Hadis di MIC 02 Badamita mengatakan, “Bulan Ramadhan merupakan momen yang sangat dinanti kehadirannya oleh umat Islam di seluruh dunia. Setiap orang berlomba-lomba untuk meraih keutamaan di dalam puasa Ramadhan.”

Salah satunya dengan membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan. Membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan akan menambah pahala yang berlimpah. Membaca Al Qur’an juga merupakan sunah Rasul yang dikerjaan saat Ramadhan,” imbuhnya.

Membaca Al Qur’an sampai khatam di bulan Ramadhan dapat ditempuh dengan beberapa langkah. Pertama, Membangun niat. Niatkan khatam Al Qur’an dengan tulus ikhlas hanya mengharap ridha Allah semata dan yakinkan diri dapat mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan dengan tindakan nyata.

Kedua, Rencanakan rutinitas dan waktu membaca. Sebelum memulai bacaan, buatlah rencana yang realistis bagaimana menyelesaikan bacaan Al Qur’an dalam waktu sebulan dengan membagi setiap Juz per hari. Susun rencana secara bijaksana dan wujudkan ke dalam tindakan.

Ketiga, Baca 1 Juz setiap harinya.Untuk khatam Al Qur’an selama Ramadhan, pastikan untuk membaca ayat Al Qur’an sebanyak satu juz setiap harinya, dengan konsisten membaca Al Qur’an sedikitnya 2 lembar di setiap selesai salat 5 waktu, sehingga bisa mencapai target satu juz dalam satu harinya.”

Keempat, Pakai Al Qur’an saku atau Al Qur’an di ponsel. Saat ada waktu luang, usahakan baca Al Qur’an saku yang sudah dipersiapkan dan bisa juga dengan rutin membaca Al Qur’an lewat ponsel yang dapat dilakukan setiap saat, dengan cara tersebut khatam Al Qur’an bisa lebih cepat atau lebih awal dari perkiraan.

Kelima, Tadarus bersama. Cari teman atau saudara yang punya keinginan yang sama untuk khatam Al Qur’an di Bulan Ramadan. Melibatkan teman akan mempercepat langkah untuk khatam Al Qur’an.” terangnya.

Sudarti sebagai salah satu rekan guru yang ikut dalam perbincangan sangat bersemangat memperhatikan setiap penjelasan yang diberikan dengan seksama dan berterimakasih kepada guru Qurdis yang telah mau berbagi tips khatam Al Qur’an di bulan Ramadhan.

“Semoga niat dan usaha baik kita diridhoi oleh Alloh SWT. dan kita mendapatkan pahala dari apa yang kita kerjakan, “ harapnya. (Swy/mnh)