Ini Dia 3 Peran Penting Permainan Bola Volly Ala Coach Jafar

Banjarnegara – Permainan bola volly termasuk ekstrakurikuler unggulan di MTs N 1 Banjarnegara. Sebagai ekstrakurikuler unggulan, Minggu, (22/5/22) MTs N 1 Banjarnegara baru saja mengadakan kompetisi volly MAVOBA CUP 1 yang diikuti oleh para pemain volly tingkat SMP/MTs se-Banjarnegara.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Awang selaku pelatih VOSA Banjarnegara. Saat ditemui di MTs N 1 Banjarnegara, beliau mengatakan sekolah dan madrasah tentu memegang peran penting dalam pembinaan olahraga, khususnya bola volly.

Disisi lain, Awang juga mengucapkan terimakasih kepada pihak MTs N 1 Banjarnegara yang telah menyelenggarakan MAVOBA CUP 1. Dimana, turnamen inilah yang berfungsi sebagai pengganti POPDA.

Menilik dari peran penting dalam permainan bola volly, olahraga ini tentunya membutuhkan strategi khusus agar para pemain mampu memenangkan pertandingan. Untuk menunjang hal tersebut, setidaknya ada 3 peran penting dalam olahraga bola volly sebagai bagian dari strategi pertandingan.

Jafar selaku Coach Volly MTs N 1 Banjarnegara sampaikan 3 peran tersebut serta tugas pemainnya.

1.     Tosser/Setter

Jafar menyebut, seorang tosser dituntut mempunyai kemampuan otak yang prima karena harus pandai membaca situasi pertandingan dan mampu berpikir cepat saat menyerang dan bertahan.

“Seorang tosser biasanya dipilih berdasarkan postur tinggi tubuhnya. Sebab, keunggulan postur tersebut bisa digunakan untuk membantu tim saat membendung serangan lawan.” tandas Jafar saat menyampaikan keterangannya melalui warta madtsansa.

2.     Spiker/Smasher

Posisi spiker sangat penting dalam sebuah permainan bola volly. Selain melakukan smash, seorang spiker juga harus bisa berperan sebagai blocker untuk membendung serangan lawan.

3.     Defender

Tugas defender adalah menerima serangan lawan dari segala arah dan memegang peran penting dalam hal pertahanan.

“Sebagai defender, pemain volly harus memiliki fisik yang prima dan kemampuan teknik passing yang baik. Terkhusus defender yang kerap menerima bola-bola serangan lawan, sebaiknya ia punya keterampilan passing bawah di atas rata-rata.” tutup Jafar.

Dari ke tiga peran penting tersebut, tentunya Coach Jafar selalu mempraktikkan kepada anak didiknya untuk menguasai salah satu peran penting yang telah disampaikannya. Menurutnya, dari ketiga teknik itu, para pemain volly harus bisa mengasah kemampuan dengan terus-menerus belajar, mengubah taktik, serta sering berlatih. (ran)

Bagikan :
Translate »