Kabid Urais Kanwil Kemenag Jawa Tengah Tinjau Layanan KUA di Banjarnegara

Banjarnegara – Kepala Bidang Urusan Agama Islam (URAIS) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H. Zaenal Fatah, S.Ag, M.Si melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Banjarnegara untuk melihat langsung layanan KUA di Banjarnegara, Rabu (21/12). Kunjungan di sambut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara yang diwakili Kepala Seksi Bimas Islam bersama Perencana Bimas Islam, Kepala KUA Batur, Kepala KUA Pejawaran, Penyuluh Agama Islam dan Penyuluh Agama Islam Non PNS. Kunjungan mulai di KUA Batur, KUA Pejawaran dan KUA Mandiraja.

KUA Kecamatan Batur merupakan KUA tertinggi di wilayah Banjarnegara (1.558 Mdpl) yang merupakan bagian dari kawasan wisata dataran tinggi Dieng. Tahun 2022 KUA ini baru selesai melakukan rehab ringan senilai 150 juta. Rehab dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan KUA pada masyarakat. Dalam arahannya, Zaenal Fatah mengingatkan KUA Batur untuk semakin meningkatkan layanan terhadap masyarakat.

“Setelah dilakukan perbaikan gedung menjadi lebih baik secara tampilan, harus diimbangi juga dengan kualitas layanan kepada masyarakat tidak hanya layanan NR saja tapi semua tugas dan fungsi KUA lainnya berjalan dengan baik dan lancar. Keterbatasan Sumber Daya Manusia KUA jangan sampai  membuat kehilangan semangat, tetapi dengan keterbatasan SDM  Kepala KUA harus pandai mengatur strategi agar keterbatasan tetap bisa menghasilkan layanan yang  prima dan memuaskan masyarakat, apalagi di era serba digital pegawai KUA juga harus menguasai teknologi agar tetap update dengan perkembangan zaman, sehingga bisa melahirkan inovasi inovasi layanan berbasis IT yang memudahkan masyarakat”, tandasnya.

Kunjungan dilanjutkan di KUA Kecamatan Pejawaran yang notabene tahun 2023 diusulkan untuk menjadi KUA Revitalisasi. Kabid Urais didampingi Perencana Kanwil mengecek langsung ruangan KUA Pejawaran untuk memastikan memenuhi syarat untuk menjadi KUA Revitalisasi tahun 2023. Menurut Zaenal Fatah, secara fisik KUA Pejawaran yang dibangun melalui SBSN tahun 2016 memenuhi syarat untuk KUA Revitalisasi, Balai Nikah bisa tampung 40 orang, dan ruang konsultasi juga memadai, tinggal penguatan SDM nya agar bisa lolos menjadi KUA Revitalisasi.

Kunjungan di akhiri di KUA Mandiraja yang merupakan KUA revitalisasi tahun 2021, Zaenal Fatah mengingatkan revitalisasi adalah program unggulan Gus Menteri, harus tetap dikawal agar tujuan untuk menguatkan kembali fungsi KUA ditengah masyarakat bisa tercapai.

Mewakili Kepala Kankemenag, Kasi Bimas Islam Kankemenag Kabupaten Banjara, Ali Mustofa, menyampaikan bahwa di Banjarnegara ada 5 KUA Revitalisasi sampai saat ini, KUA Banjarnegara, KUA Mandiraja, KUA Rakit dan KUA Karangkobar.

“Kami mewakili Kepala Kantor menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kabid Urais Kanwil Kemenag Jawa Tengah atas kunjungannya dalam rangka monitoring dan evaluasi layanan KUA di Banjarnegara. Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan KUA kepada masyarakat di Kabupaten Banjarnegara, terlebih pada KUA revitalisasi”, pungkasnya. (az/am)

Bagikan :
Translate »